Skip to main content

follow us

Burung lovebird atau sering disebut burung paruh bengkok akhir-akhir ini semakin banyak diminati para dulor kicau. Karena memang burung ini memiliki sisi keunikan yang begitu mencolok dibanding burung lainya. Suara ngekek/gacor dengan durasi panjang membuatnya semakin banyak diminati dulor kicau apalagi ditambah warna-warna bulu yang begitu menawan.

Dalam perawatan burung Lovebird terkadang dari kita atau juga mungkin dulurkicau pernah mengalaminya yaitu burung suka ngeruji didalam sangkar. Tentu hal ini membauat dulur pusing tujuh keliling, bagaimana cara mengatasinya. Sebab burung lovebird yang ngeruji akan cenderung pasif dan tak mau ngekek lagi, biasanya lebih suka merambat pada sangkar dan berputar-putar, kalaupun mau nankring di tangkringan yang ada paling juga sebentar.

Kondisi burung ngeruji tidak hanya dialami oleb lovebird rumahan, bahkan lovebird yang sering kali malang melintang dalam perlombaan dan pernah menjadi jawarapun dalam kondisi tertentu bisa mengalaminya. Tentu hal ini sangat tidak anda harapkan bukan. Sebab jika hal ini tengah terjadi pada burung lovebird anda bisa dipastikan dalam perlombaan burung anda tidak mau ngekek sempurna, kendati musuh dalam lomba rajin bunyi dengan ngekeknya yang panjang, burung anda enggan membalasnya karena lebih asyik nankring dijeruji.

Dari beberapa teman pakar burung, mengatakan penyebab utama lovebird ngeruji adalah burung lovebird sedang overbirahi. Maka dari itu jika hal tersebut tidak segera diatasi maka burung anda juga tetap akan ngeruji dalam sangkar.

Nah, untuk itu kali ini ada 3 jurus ampuh dalam mengatasi lovebird yang suka ngeruji karena sedang overbirahi. Ok looor, simak ulasanya berikut ini.

1. Hentikan Sementara Pemberian Ektra Fooding (EF).

Ekstra Fooding atau bisa dibilang makanan tambahan dalam hal ini biasanya berupa kangkung, sawi, kuaci, ataupun juga jagung muda. Jenis makanan tersebut mengandung protein yang tinggi sehingga dapat mendongkrak peningkatan birahi pada lovebird anda. Untuk itu penanganan yang pertama adalah dengan menghentikan pemberian EF untuk sementara waktu selama burung anda masih dalam perawatan. Dengan menghentikan makanan yang berprotein tinggi maka secara berangsur birahi pada burung akan turun ke level normal sehingga lovebird anda kembali mau bertengger di tangkringan yang tersedia.

Selama masa perawatan tersebut, anda cukup memberikan pakan utamanya saja yaitu millet putih dan air putih. Pemberian EF dapat anda lakukan kembali hanya ketika burung lovebird anda sudah normal dan tingkat birahinya sudah turun.

2. Merubah Pola Serta Posisi Tangkringan Yang Ada.

Langkah kedua dalam mengatasi burung lovebird yang ngeruji adalah dengan merubah letak serta pola dari tangkringan yang telah ada sebelumnya. Jika sebelumnya tangkringan burung anda letakan ditengah, maka cobalah geser dan letakan dipinggir dekat dengan jeruji, anda pun bisa membuat dan menambahkan tangkringan lebih dari satu. Hal ini bertujuan untuk memancing si lovebird agar mau bertengger kembali ditangkringan. Dengan begitu dekatnya Jarak jeruji sangkar dan tankringan memungkinkan burung untuk sesekali berpindah dari jeruji ketankringan. Dengan cara ini diharapkan si paruh bengkok ini terbiasa untuk hinggap pada tangkringan tersebut, dan lama kelamaan menjadi terbiasa sehingga burung tidak suka ngeruji lagi.

3. Mengawinkan Burung Lovebird.

Dan tips terakir dalam mengatasi burung lovebird yang hobi ngeruji adalah dengan mengawinkanya. Seperti yang sudah dijelaskan diatas,  bahwa sebab burung lovebird yang ngeruji adalah karena mengalami overbirahi. Maka dengan cara mengawinkanya birahi pada lovebird bisa tersalurkan dan burungpun kembali normal seperti biasanya. Dalam mengawinkan lovebird baik jantan maupun betina carikan pasangan yang mempunyai umur minimal 8 bulan karena pada umur ini lovebird sudah dewasa dan siap untuk kawin.

Proses mengawinkan lovebird yang baik adalah dengan melepasnya pada kandang koloni, anda bisa mencarikan beberapa pejantan ataupun juga betina. Tergantung burung yang akan anda kawinkan berkelamin apa, jantankah atau betinakah. Dengan melepasnya pada kandang koloni maka burung yang siap kawin dapat memilih sendiri pasangan yang diinginkan sehingga proses perkawinanya lebih cepat dan birahi pada lovebird cepat tersalurkan. Sehingga ketika lovdbird dikembaikan pada sangkar kemungkinan sudah tidak ngeruji lagi dan sudah bisa gacor dengan sempurna.

Demikan cara jitu dalam mengatasi lovebird yang suka ngeruji. Semoga bisa bermanfaar buat dulor kicau semua. Jika ada kritik dan saran lainya silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar