Skip to main content

follow us

Sebagai pecinta burung lovebird sudah seharusnya kita mengetahui berbagai hal tentang burung ini. Mulai dari perawatan yang terbaik hingga bisa mengetahui jenis kelamin dari burung.

Mengetahui jenis kelamin sangat penting sekali terutama bagi duloorr yang ingin melakukan penangkaran/ beternak. Nah untuk itu admin kali ini akan mengajak duloor kicau semua, untuk bisa membedakan jenis kelamin pada lovebird apakah jantan atau betina.

Yups, burung lovebird merupakan salah satu burung kicau yang memiliki penggemar cukup banyak. Penggemar burung ini tak hanya datang dari para dulor kicau saja, bahkan masyarakat biasa yang mulanya tidak suka memelihara burungpun ikut terpesona, dan pada akirnya juga memeliharanya. Tidak aneh rasanya jika burung lovebird mampu menghipnotis semua orang, karena memang burung ini memiliki keunikan yang jarang dimiliki burung lainya. Burung paroh bengkok ini terkenal akan warna-warna bulunya yang memukau.

Selain warna bulu yang indah dan memukau hal utama yang menjadikan burung lovebird menjadi primadona bagi dulor kicau adalah gaya ngekek/gacor yang panjang seperti orang mabok. Bahkan dari salah satu perlombaan yang admin ketahui ada yang mampu ngekek dengan durasi 3 menit tanpa jeda dan berhasil menjadi jawara tingkat nasional, wuichhhh mantap loorr!!

Maka tak heran rasanya jika semakin hari peminat dari burung lovebird semakin bertambah. Hal ini dapat dilihat dari perlombaan burung gantangan yang semakin banyak digelar. Dan ketika kelas lovebird dimulai bisa dipastikan penggemarnya selalu banyak. Keunikan lainya dari lovebird menurut para pakar burung adalah burung lovebird betina lebih memiliki power saat berkicau dengan suara gacor ngekeknya. Maka tak heran jika dalam kelas lovebird yang dilombakan mayoritas didominasi burung lovebird betina, karena memang kualitasnya lebih mumpuni.

Ok, loorr dari pada kebanyakan ngalor ngidol  langsung saja simak tentang cara membedakan lovebird jantan dan betina berikut ini.

Membedakan jenis kelamin pada burung lovebird memang gampang gampang susah, karena untuk keakuratanya kita tidak bisa langsung melihatnya dari penampilan luar. Namun ada beberapa tips yang biasa diterapkan oleh para penangkar lovebird untuk mengetahui apakah lovebird tersebut jantan atau betina. Yaitu dengan melakukan pengamatan pada tingkah laku dan kebiasaanya. Untuk lebih jelasnya simak ulasanya berikut ini,

Ciri-Ciri Lovebird Jantan.

  • Jarak kaki lebih rapat saat bertengger dibanding burung lovebird betina.
  • Saat pembuatan sarang berlangsung burung lovebird jantan cenderung kurang aktif dari pada betinanya.
  • Bentuk tubuh lovebird jantan tidak setegas betina terlihat lebih ramping dan memanjang, terkadang bobotnya lebih ringan.
  • Warna pada bulunya terlihat lebih terang dari pada betina.
  • Ujung ekor berbentuk runcing menyerupai huruf V.
  • Pada saat musim kawin tiba tulang pubis atau supit urang pada lovebird jantan akan terasa lebih keras dengan jarak yang rapat saat diraba.
  • Ujung kedua sayap tanpak berbentuk seperti gunting menyilang, atau setidaknya ujung sayap saling menempel.

Sedangkan Ciri-Ciri Lovebird Betina Sebagai Berikut.

  • Ketika bertengger jarak antara 2 kaki burung lovebird betina akan melebar.
  • Ketika proses pembuatan sarang akan jauh lebih aktif dibanding pejantanya.
  • Bentuk tubuh tegas, dengan bodi yang besar dan bulat, serta biasanya bobotnya lebih berat dari pada jantan.
  • Warna pada burung lovebird betina cenderung terlihat kusam.
  • Dengan ujung ekor yang lebih merata.
  • Saat diraba tulang pubis pada burung lovebird betina lebih lembek dan jaraknya lebih renggang dari pada pejantan.
  • Ujung kedua sayap tampak renggang dan tidak bersentuhan antara sayap kanan dan sayap kiri.

Demikian cara paling jitu dalam membedakan burung lovebird jantan dan betina. Jika dulor kicau mengetahui ciri yang lebih akurat lagi, mohon pencerahanya dengan meninggalkan pesan di kolom komentar.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar