Skip to main content

follow us

Jika anda pecinta Burung Lovebird tentu sepakat jika jenis burung ini bisa dikatakan sebagai burung dengan keunikan yang tidak dimiliki burung lainya. Gaya khas ngekek panjang dengan nyanyian yang lantang membuat banyak orang ingin mengenal lebih dekat burung ini, apa lagi ditambah kombinasi warnanya yang ngejreng semakin membuat orang terpesona untuk meminangnya.

Terlebih jika sang burung cinta ini sudah jadi dan mampu berkicau dengan sempurna serta memiliki suara ngekek yang panjang dengan durasi 2-4 menit, sudah pasti akan menjadi tranding topik di kalangan pecintanya.

Merawat burung Lovebird terutama yang sudah " jadi" untuk persiapan lomba agar mampu ngekek panjang dengan gaya mabuk memang tergolong susah-susah gampang, apa lagi bagi anda pemula yang belum tahu betul bagaimana cara mempersiapkan burung untuk aduan.

Oleh karena itu kami akan memberikan tips tentang bagaimana mempersiapkan burung lovebird sebelum lomba.

Dalam persiapan lovebird sebelum lomba terkadang banyak dari kita yang sedikit melakukan kesalahan dengan memberikan makanan tambahan baik itu dari jenis makanan maupun jumlahnya. Padahal sebenarnya cara ini malah terkadang membuat sang burung akan berubah dalam penampilan, dimana dengan perubahan/penambahan menu biasanya akan membuat burung lebih agresif saat lomba, terlalu banyak gerak namun pelit untuk mengeluarkan suara.

Burung yang siap mengikuti kontes untuk bertarung dengan lawan-lawanya tentu harus dalam keadaan fit, jangan memaksakan burung yang tidak fit untuk diikutkan dalam lomba karena hal ini malah akan membuang, waktu, tenaga dan juga tentunya uang anda.

Minimal 7 hari sebelum waktu perlombaan tiba ada baiknya anda melakukan beberapa hal berikut ini,

Sebaiknya dalam rentan waktu tersebut anda tidak sesekali mempertemukan dengan burung lain/ mendengarkan suara burung lain hal ini bertujuan agar burung mempunyai cadangan stamina sehingga ketika hari perlombaan tiba, burung anda dapat mengeluarkan kicauanya dengan power full.

Dalam hal ini bisa dibilang anda melakukan karantina terhadap burung loveberd, selama masa karantina ini anda pun harus melakukan penanganan kusus. Seperti halnya penjemuran, sebaiknya anda melakukan penjemuran setidaknya 2 jam sehari, penjemuran yang terlalu lama malah berakibat buruk bagi burung loveberd anda, biasanya jika penjemuran terlalu lama bulu pasa burung akan terlihat kusam, pecah-pecah dan lain sebagainya. Lakukanlah penjemuran antara pukul 09.00-11.00 pagi, dengan meletakanya ditempat yang relatif panas. Anda bisa menggantungnya dibawah atap seng dengan jarak tidak lebih dari 1 meter. Hal ini bertujuan agar burung mempunyai tarikan nafas yang panjang.

Ketika 2 hari menjelang perlombaan hentikanlah penjemuran di jam tersebut. Namun bukan berarti tidak dijemur sama sekali, lakukanlah penjemuran setelah burung dimandikan pagi hari, angin-anginkan kemudian segera tutup kerudung? Kenapa hal ini mesti dilakukan? Jawabanya cukup simpel agar burung tidak terlalu cerewet sehingga bisa menghemat tenaga untuk persiapan lomba.

Selain persiapan pada fisik burung yang tak kalah penting adalah persiapan mental dari burung lovebird yang akan anda ikut sertakan dalam lomba. Sebab mental juga akan berpengaruh besar dalam suatu perlombaan. Jika mental cukup baik maka tentunya burung anda tidak mengalami ketakutan saat diarena yang pastinya banyak orang dan juga burung peserta lainya.

Demikian tadi cara terbaik mempersiapkan burung lovebird untuk perlombaan. Namun dengan menerapkan beberapa tips diatas bukan berarti burung lovebird anda akan keluar sebagai juara. Karena dalam suatu perlombaan akan banyak sekali faktor yang akan menentukan burung menjadi juara.

Barangkali ada hal penting lainya yang belum kami sampaikan, anda boleh melengkapinya dengan mengirimkan pesan di kolom komentar.

Artikel Pilihan Editor:

Oldest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar