Skip to main content

follow us

Memaster lovebird adalah cara ampuh dalam melatih si paruh bengkok agar memiliki suara yang ngekek panjang sesuai yang diharapkan. Teknik memaster memang sudah banyak digunakan oleh para lovebirdvers di seluruh Indonesia. Hasilnya pun cukup beragam ada yang berhasil dan burung bisa berprestasi di lapangan, namun tak jarang pula pemasteran yang dilakukan sia-sia belaka karena tidak memberikan hasil yang maksimal.

Untuk bisa berhasil melakukan pemasteran burung, memang tidak mudah. Tidak hanya sekedar mendengarkan suara ngekek panjang dari lovebird lain atau memutar mp3 suara gacor burung, namun mesti diperhatikan juga beberapa hal yang akan sicuit ulas berikut ini.

Pemasteran lovebird paling baik adalah ketika burung masih kecil, bahkan ada yang melakukanya sejak burung menetas. Tujuanya adalah jelas untuk memperdengarkan suara ngekek panjang sedini mungkin. Karena burung lovebird muda dengan umur dibawah 3 bulan memiliki daya ingat yang masih baik dan bisa dikatakan pada usia ini adalah masa emas dimana dulor bisa melatih burung bersuara seperti yang diinginkan. Namun jika dulor tidak memiliki indukan dan membeli anakan burung dari orang lain  untuk dimaster yang terpenting adalah usia anakan tersebut tidak lebih dari 3 bulan.

Memaster burung yang sudah dewasa akan sangat sulit sekali walaupun bisa berhasil namun tingkat keberhasilanya rendah, kecuali jika burung benar-benar memiliki bakat yang baik.

Yang perlu diperhatikan saat memaster anakan burung lovebird, usahakan anakan tersebut berasal dari indukan yang mempunyai suara ngekek panjang, karena secara umum jika indukan memiliki suara  yang panjang maka bisa jadi kamampuan tersebut akan menurun kepada anaknya( mewarisi sifat indukanya. Namun trah turunan ini tidak bisa maksimal jika tidak dulur imbangi dengan perawatan yang benar, termasuk juga dengan pemasteran.

Nah, untuk cara memaster burung lovebird anakan, dulor bisa menggunakan suara asli burung master namun jika tidak mempunyai burung masteran, tidak masalah jika menggunakan suara mp3 master burung lovbird dengan catatan hasil suara mp3 tersebut benar-benar jernih.

Untuk waktu pemasteran dari beberapa dulor kicau yang sicuit temui ada yang berbeda pendapat, ada yang pemasteran dilakukan full time 24 jam, namun ada juga yang melakukan pemasteran hanya di jam-jam tertentu.

Namun disini sicuit lebih menyarankan pemasteran dilakukan full time, yang mana pagi-sore diisi dengan burung master, sedangkan malam-pagi diisi dengan suara mp3. Dengan catatan selama pemasteran jam malam dengan mp3 tersebut cukup diperdengarkan dengan sayup2, agar burung yang dimaster tidak kaget sehingga tetap bisa beristirahat.

Dalam pemasteran ini selain menggunakan suara asli burung lovebird, dulor juga bisa menggunakan suara dari burung lain, agar lovebird yang dimaster kelak bisa memodifikasi suara. Dulur bisa menggunakan, suara burung parkit untuk menghasilkan suara yang kasar saat di lapangan, serta untuk bisa menghasilkan suara tinggi dulor bisa coba menggunakan suara dari belalang kecrek. Karena modifikasi dari suara ini akan begitu dominan terdengar lantang saat dilapangan, sehingga kerap menarik perhatian dari juri.

Demikian cara memaster burung lovebird agar mempunyai suara yang ngekek panjang. Jika dulor punya cara yang lebih ampuh, boleh donk bagikan tipsnya DISINI !! . Salam kicau looorr.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar