Skip to main content

follow us

Tips Perawatan Lovebird Jantan Agar Bisa Stabil  Saat di Lapangan - Seperti yang telah banyak dulor kicau ketahui, para lovbirdvers pastinya lebih memilih lovebird betina untuk diikutkan dalam lomba. Alasan klasik yang menjadi penyebabnya yaitu burung betina lebih stabil saat digantangan dan biasanya nyanyian burung lovebird betina memiliki durasi yang lebih panjang. Lain halnya dengan burung lovebird jantan, burung lovebird jantan sangat sulit dijadikan gacauan di lapangan. Sebab kebiasaannya sang jantan saat dilapangan malah terlalu banyak gerak dan pelit untuk bersuara, biasanya burung terlihat gelisah dan cuma muter-muter dalam sangkar, atau juga naik turun tangkringan.

Namun meskipun demikian, bukan berarti burung lovebird jantan tidak bisa berprestasi di lapangan. Dengan perawatan dan trik yang tepat burung jantan pun bisa moncer dilapangan serta bisa keluar sebagai jawara. Sudah banyak yang membuktikanya seperti yang ditulis omkicau.com burung lovebird dari yogyakarta, yang memiliki nama Seiryu, adalah jenis jantan yang bisa berprestasi dan menjadi jawara dibeberapa event.

Memang secara umum lovebird jantan lebih sulit dalam perawatanya untuk lomba, karena lovebird jantan lebih memiliki emosi dan birahi yang tinggi sehingga sulit untuk dikontrol. Namun hal ini bisa dulor akali dengan beberapa trik berikut ini,

Menyiapkan Lovebird Jantan Untuk Persiapan Lomba


Sebelum LB jantan diterjunkan dalam event lapangan lakukanlah persiapan mulai dari H-5, yaitu istilahnya dengan dipingit. Pisahkan LB jantan dari burung lainya. Nah selama masa persiapan tersebut berikanlah burung pakan yang memiliki nutrisi yang tinggi. Dulor bisa memberikan ekstra fooding yang terbuat dari biji-bijian segar dengan kualitas super serta sempurnakan dengan memberi makanan tambahan bisa berupa sayuran segar/ buah-buahan. Namun disini admin tidak akan menyebutkan produk apa untuk mendonkrak stamina burung, hhhh ( ntar dikira jualan loor wkwkwk cekaka). Dulor bisa berkonsultasi dengan sesama lovebirdvers mengenai ekstra fooding yang benar-benar berkualitas.

Ok, loorr lanjut pada persiapan berikutnya. Karena burung jantan memiliki libido yang tinggi sehingga mudah over birahi maka dulor bisa mencarikan pasangan betina yang cocok dalam istilah pecinta burung biasanya disebut dengan pengecasan ( kayak Hp aja nich pakek di cas segala ), metode ini banyak digunakan juga oleh teman senior admin, nyatanya burung pun bisa lebih agresif dan ngedur saat di lapangan, namun disisi lain metode ini mempunyai kelemahan yang mengharuskan sang empunya burung harus selalu membawa cewean pasangan burung jantan untuk digantang bersebelahan saat dilombakan.

Ok looor, demikian tadi tentang Tips Perawatan Lovebird Jantan untuk persiapan lomba. Jika dulur kicau punya tips yang lebih aduhai lagi...boleh donk dibagiin rahasia tips nya dengan meninggalkan pesan di kolom komentar, karena berbagi itu indah looor. Salam kicau!!

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar