Skip to main content

follow us


Burung paruh bengkok ini, memang belakangan banyak di sukai oleh dulor kicau. Tampilanya yang unik dengan bulu berwarna-warni serta suara khas ngekek menjadikan lovebird sebagai primadona baru di kalangan dulor kicau.
Karena saking banyaknya penggemar lovebird, tak aneh rasanya jika saat ini burung lovebird banyak dilombakan, mengingat kemampuan si paruh bengkok memang menawan hati. Suara ngekek dengan durasi yang lama menjadikan pertimbangan juri untuk penilaian saat lomba diadakan. Memang, dalam perlombaan burung kelas lovebird penilaian juri lebih diutamakan pada suara ngekek dengan durasi yang panjang. Semakin lama durasi yang dihasilkan maka peluang untuk menjadi jawara semakin besar.

Namun untuk mendapatkan lovebird dengan kemampuan suara gacor/ ngekek panjang tentu bukanlah hal yang mudah. Butuh proses yang panjang, mulau dari perawatan, pemasteran hingga pola pakan yang harus benar-benar diperhatikan. Jika ketiga hal tersebut dilakukan dengan benar maka bukan tidak mungkin lagi lovebird anda akan menjadi jawaranya

Untuk pola makan sebenarnya bisa dibilang tidaklah terlalu rumit. Sebab pada dasarnya hampir semua pecinta lovebird memberi pakan burung ini dari jenis pakan alami. Seperti halnya yang akan kami ulas berikut ini,

Biji kenari/ Canary seed 

Canary seed bisa dibilang hampir sama dengan milet. Biji kenari umumnya diberikan pada burung kenari, blackthroad, parkit dan burung pemakan biji lainya. Namun si Lovebird pun sebenarnya cukup gemar menyantap canary seed. Di dalam canary seed mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk pertumbuhan burung seperti protein, hidrat arang dan lemak. Dimana ke tiga unsur tersebut kerap kali dianggap mampu menambah stamina pada burung. Tak hanya itu saja, nutrisi yang terkandung tersebut juga mampu memperbaiki suara burung yang serak serta merangsang burung untuk lebih aktif dalam bersuara.

Untuk pemberian pakan berupa biji kenari ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, pilihlah biji kenari yang sudah tua, kuning mengkilap, kering tidak berbau dan bersih. Hal ini banyak disarankan oleh para mastah burung. Dan untuk pemberianya campurlah dengan milet agar burung terhindar dari kegemukan. Sebab didalam canary sed mengandung cukup banyak lemak.

Sayur Kangkung 

Seperti yang dulor tahu sayuran ini sangat baik diberikan pada lovebird. Kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya mampu meningkatkan libido sehingga memunculkan birahi pada burung lovebird. Dalam keadaan birahi yang memuncak burung ini akan lebih rajin gacor. Maka tak heran jika sayur ini kerap kali diberikan tatkala burung akan dilombakan untuk meningkatkan suara gacornya.

Kecambah/ Toge 

Di dalam kecambah mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk tumbuh kembang burung. Seperti halnya Karbohidrat, zat besi, protein, lemak, fosfor, vitamin A,B,C dam berbagai kandungan lainya. Sehingga jenis kacang kacangan ini sangat baik diberikan sebagai pakan tambahan untuk lovebird. Karena beberapa nutrisi di dalamnya mampu merangsang burung untuk bersuara lebih aktif, serta menambah stamina.

Biji oat atau haver (Avena sativa) 

Memberikan oat banyak dipercaya bahwa mampu menenangkan serta mempercepat proses burung yang sedang mabung, memperbaiki struktur jaringan bulu agar tampak lebih indah, meningkatkan ketenangan sehingga burung tidak mudah drop dan stres, memperbaiki struktur jaringan kulit supaya tidak rentan iritasi, membenahi sistem kerja organ tubuh burung khususnya pencernaan, memperkecil kemungkinan serangan kolesterol jahat sehingga peredaran darah dan jantung jadi lebih lancar.

Biji oat sangat bagus diberikan kepada burung yang baru sembuh dari sakit dan mampu meningkatkan kegemukan terhadap burung yang mempunyai tubuh kurus. Disamping itu, karena pakan lovebird yang berupa bijian ini mengandung protein, kalori dan karbohidrat, maka amat cocok jika diberikan kepada indukan burung yang tengah meloloh atau menyuapi anakannya. Apabila piyikan loverbird sering menerima suapan biji oat dari indukannya, kemungkinan besar pertumbuhannya akan jauh lebih cepat.

Apel

Apel yang dijual di pasaran kebanyakan mengandung zat-zat berbahaya seperti pestisida. Supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya apel dibersihkan dengan cara dicuci terlebih dahulu. Disamping itu, agar burung lebih mudah saat mengkonsumsi-nya, ada baiknya jika apel dipotong kecil-kecil sebelum diberikan.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar