Skip to main content

follow us

Salam Kicau loor, Pada kesempatan berbahagia ini izinkan admin sedikit berbagi tentang Ragam Manfaat Kayu Manis untuk Burung Love Bird anda.

Kayu manis atau dalam bahasa latinya bernama ( Cinnamomun Zeylanicum ) merupakan salah satu jenis tanaman rempah. Sesuai dengan namanya tanaman ini mempunyai aroma yang manis dan juga sedikit pedas.

Selama ini kayu manis lebih dikenal sebagai bumbu masakan emak-emak di dapur. Namun perlu dulor ketahui ternyata kayu manis mempunyai kasiat dan manfaat yang luar biasa bagi burung lovebird anda. Jenis rempah satu ini mampu mengatasi berbagai masalah pada burung LoveBird kesayangan anda, seperti halnya untuk mencegah burung lovebird anda dari kebiasaan mencabuti bulunya, menggesekan tubuhnya pada tangkringan. Karena jika hal tersebut dibiarkan akan berpengaruh buruk bagi burung yang dapat merusak penampilanya.

Nah jika kebetulan si paruh bengkok anda mengalami kondisi seperti penjelasan diatas, dulor bisa memanfaatkan kayu manis untuk mengatasinya. Adapun caranya sebagai berikut,

  • Ketika burungnya dulur mempunyai kebiasaan menggesekan badanya pada tangkringan dan suka mencabuti bulunya, coba akali dengan memberikan sebatang kayu manis. Dulor bisa menggantungnya di dalam sangkar. Tujuanya adalah agar kayu manis tersebut dibuat mainan terapi oleh burung. Rasanya yang manis dengan sedikit pedas dan bau harumnya yang khas akan membuat si paruh bengkok melupakan kebiasaan buruknya karena lebih suka memainkan batang kayu manis tersebut. Lakukanlah terapi ini sampai burung lovebirdnya dulor benar-benar meninggalkan kebiasaan buruknya.
  • Untuk mencegah munculnya bakteri dan jamur pada makananya. Dulur bisa mencampurkan serbuk kayu manis didalamnya. Serbuk kayu manis bersifat anti jamur dan bakteri serta dapat membunuh bakteri Escherichia Coli. Selain itu kayu manis juga mengandung zat kimia alami yang disebut cinnamaldehyde yang mampu meningkatkan hormon progesteron.
  • Untuk mencegah datangnya semut di dalam sangkar. Dulor bisa menaburkan serbul kaya manis didasar sangkar. Selain bisa mencegah datangnya semut juga bisa membuat sangkar lebih wangi alami.
Demikian tadi manfaat kayu manis untuk burung lovebird. Semoga bisa bermanfaat buat dulor kicau semua. Salam kicau loorr....!!

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar