Skip to main content

follow us

Sebagai pecinta burung lovebird, pastiya dulor akan berusaha membuat si paruh bengkok ini bisa ngekek panjang. Karena memang kekuatan dari burung lovebird terletak pada durasinya yang panjang.

Namun memang perlu di amini bahwasanya membuat lovebird bisa gacor dengan durasi panjang tak semudah membalikan tangan. Meskipun demikian bukan berarti hal tersebut tidak bisa dilakukan.

LoveBird Kusumo contohnya. Adalah salah satu dari sekian lovebird yang begitu fenomenal. Dimana LoveBird kusumo mampu berdurasi hingga sampai 3 menit. Maka tak heran Jika Lovebird Kusumo milik Om. H Sigid WMP banyak keluar sebagai jawara dalam setiap event perlombaan.

Seperti yang ditulis oleh burungnya.com berikut ini beberapa cara membuat lovebird ngekek panjang ala om.H Sigid WMP.

1. Pengembunan

Pengembunan selalu dilakukan oleh om.H Sigid hampir setiap pagi. Mulai dari pukul 04.30 hingga matahari terbit, atau kira-kira sekitar pukul 05.30-06.00. Setelah waktu pengembunan selesei selanjutnya lovebird akan disemprot. Uniknya saat penyemprotan dilakukan burung tidak dalam keadaan digantung, tetapi sangkar diletakan diatas tanah. Tetapi tentu harus selalu waspada terhadap segala hal, termasuk dari ancaman hewan peliharaan lainya seperti kucing.

2. Pemandian

Dalam hal memandikan lovebird kusumo, ada ritual unik yang dilakukan Om. H Sigid, yaitu mandi hujan dan mandi malam. Untuk pemandianya tidak menggunakan semprotan melainkan disediakan keramba.

Jika turun hujan lovebird kusumo biasanya akan dihujan-hujankan kurang lebih 10-20 menit. Namun dalam hal mandi hujan ini, hanya dilakukan jika hujan tidak terlalu deras.

Hal unik lainya adalah jika lovebird kusumo sudah merasa puas mandi hujanya, akan berkicau yang artinya burung tersebut minta dimasukan dalam rumah. Jika sudah demikian biasanya akan dibawa masuk, namun sebelumnya akan dilakukan pembilasan dengan kembali disemprot menggunakan air bersih dan dibiarkan beberapa saat hingga agak kering.

3. Pakan Harian

Untuk pakan harian, om. H Sigid memberikan milet putih. Kusus setelah mengikuti perlombaan biasanya akan diberikan pakan tambahan berupa bayam untuk menjaga stamina burung, agar tetap bugar. Memang didalam bayam terdapat berbagai kandungan zat vitamin yang sangat baik untuk menjaga stamina burung.

Namun yang harus dilakukan sebelum memberikan bayam, selalu biasakan untuk dicuci terlebih dahulu. Ini penting dilakukan untuk menghilangkan pestisida yang biasa disemprotkan petani guna menghilangkan hama.

4. Pemasteran

Dan yang terakir adalah pemasteran. Pemasteran sangat penting dilakukan untuk melatih lovebird agar bisa bersuara seperti apa yang dikehendaki. Tak hanya lovebird kusumo saja, tetapi hal ini sudah umum dilakukan oleh para kicau mania. Lovebird lovers biasanya akan menggunakan berbagai jenis suara masteran seperti belalang emas, Cucak Jenggot, Kenari Cililin, Tengkek Buto, dan Ciblek Gunung, alasan menggunakan suara masteran tersebut karena memiliki volume syara yang keras, sehingga sangat cocok untik melatih lovebird anda.

Nah, demikian tadi 4 cara melatih lovrburd ngekek panjang, ala lovebird Kusumo milik Om.Haji Sigid WMP. SALAM KICAU LOOORRR....

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar