Skip to main content

follow us

Lovebird - Burung yang satu ini semakin banyak diminati oleh para kicau mania. Pasalnya tampilanya yang unik dengan warna bulu yang mencolok serta suara khas ngekeknya membuat banyak kicau mania terpikat hatinya.

Merawat burung lovebird untuk sekedar hobi sebenarnya cukup mudah, karena tidak diperlukan trik kusus dalam hal perawatanya. Namun, yang perlu diperhatikan adalah sang empunya harus selalu tahu jika burung peliharaanya sedang sakit. Agar dapat dengan segera melakukan penanganan untuk menyembuhkanya.

Ketika si paruh bengkok sakit sebenarnya akan menunjukan gejala/ciri-ciri tertentu. Namun tidak semua lovebirdlovers mengetahuinya. Hingga terlambat melakukan penanganan dan akhirnya burung kesayanganpun mati sia-sia.

Untuk itu siCuit akan memberikan sedikit tips mengetahui ciri-ciri dari burung Lovebird yang sedang mengalami sakit. Simak Looorr!!!

Keluarnya Cairan Dari Mata Lovebird

Ciri pertama yang menunjukan lovebird sedang sakit adalah mata lovebird mengeluarkan cairan atau istilahnya sekretum. Jika hal ini anda biarkan lebih lanjut biasanya mata lovebird akan mengalami perubahan warna, terlihat sayu, sering terpejam dan pada akirnya akan terjadi pembengkakan di area mata.

Lovebird Mengeluarkan Ingus Dari Lubang Hidung

Ciri berikutnya adalah jika dari lubang hidung lovebird mengeluarkan ingus secara terus menerus, maka hal tersebut mengindikasikan lovebird sedang mengalami flu, biasanya akan disertai dengan bersin-bersin, mendengkur, dan terlihat lovebird mengalami kesulitan bernafas. Dalam kondisi yang parah lovebird akan lebih sering membuka sayapnya, karena mengalami sesak nafas.

Saat Tidur Kepala LoveBird Menghadap Sayap

Ciri jika lovebird tengah mengalami sakit berikutnya adalah jika dalam kondisi tidur kepala lovebird menghadap sayap. Hal ini biasanya juga akan mengindikasikan lovebird mengalami sakit flu. Dan biasanya diikuti dengan  mata yang tidak tertutup penuh saat Tidur.

Berubahnya Kotoran LoveBird Menjadi Cair

Jika dulor menemukan kondisi lovebird dengan kotoran yang cair maka bisa jadi si paruh bengkok sedang mengalami gangguan kesehatan.

LoveBird Lebih Banyak Minum

Selanjutnya perlu dulor waspadai ketika lovebird menunjukan perilaku yang tidak biasa, yaitu sering minum. Ini bisa jadi mengindikasikan si paruh bengkok sedang sakit.

Lovebird Terlihat Sempoyongan

Lovebird yang mengalami gangguan kesehatan bisa juga dulor ketahui dari caranya bertengger. Jika lovebird lebih suka berada di lantai sangkar dengan sempoyongan, serta terlihat murung dan tidak aktif, hal ini juga mengibdikasikan sedang sakit.

Terjadinya Perubahan Kulit Pada Lovebird

Ketika burung ini sakit biasanya juga akan diikuti dengan perubahan pada warna kulitnya. Perubahan tersebut bisa munculnya kutil atau juga muncul bercak putih pada kulit lovebird yang tidak tertutup bulu.

Sayap serta Bulu Lovebird Menjadi kusut

Lovebird yang sehat memiliki warna sayap yang terang serta terlihat rapi. Namun jika yang terjadi adalah kebalikanya, bisa jadi lovebird dulor tengah terserang suatu penyakit. Untuk ciri-ciri seperti ini hampir setiap burung kicau yang sakit akan mengalaminya.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar