Skip to main content

follow us

Si burung cinta atau Lovebird memiliki dua keunggulan yang membuat para kicau mania tertarik untuk memilikinya. Keunggulan pertama adalah suara ngekeknya yang unik, dan yang kedua adalah bulu yang lembut dan indah. Tapi yang paling membuat kicau mania tak sabar untuk memiliki si burung cinta adalah suara ngekeknya yang panjang. Dan untuk membuat Lovebird bisa menghasilkan ngekek yang panjang, pastinya Anda harus tahu bagaimana cara meningkatkan kekuatan vokal, napas, dan mental Lovebird.

Suara ngekek yang panjang akan menambah nilai jual Lovebird. Tapi untuk membuat Lovebird bisa mempunyai kekuatan vokal, nafas dan mental yang bagus tidaklah mudah. Untuk itu diperlukan wawasan terkait cara meningkatkan kekuatan vokal, napas, dan mental Lovebird. Bagaimana caranya? Temukan jawabannya pada ulasan berikut ini.

Cara Meningkatkan Kekuatan Vokal 

Lovebird Ternyata bukan hanya penyanyi saja yang bisa melakukan latihan vokal, Lovebird, spesies burung jenis ini juga bisa dilatih kekuatan vokalnya. Cara yang paling sering digunakan untuk meningkatkan kekuatan vokal Lovebird adalah dengan memperdengarkan kicauan dari Lovebird yang sudah terlatih. Cara memperdengarkannya bisa melalui MP3 atau video Youtube. Ada masteran lain yang bisa diperdengarkan untuk Lovebird. Misalnya; suara burung Tengkek dan suara belalang emas. Usai proses pemasteran dengan suara burung lain atau Lovebird lain, pastikan Anda memberikan waktu istirahat untuk Lovebird supaya pita suaranya tidak terganggu.

Keesokan harinya, Anda bisa mengajak Lovebird untuk melakukan terapi pengembunan agar kekuatan vokalnya meningkat. Untuk hasil yang maksimal, jangan lupa memberikan extra fooding (EF) ya, tapi sesuaikan dengan karakter Lovebird yang Anda miliki.

Cara Meningkatkan Kekuatan Napas Lovebird 


Agar Lovebird memiliki ngekek yang panjang, Anda bisa menerapkan terapi renang pada Lovebird. Tidak perlu ke kolam renang. Cukup sediakan ember atau baskom, kemudian isi air secukupnya, yang penting nantinya bisa merendam tubuh Lovebird sampai pada bagian leher. Durasi waktu yang diperlukan hanya sekitar 5 hingga 10 menit saja. Lakukan secara rutin setiap pagi menjelang terbitnya matahari. Agar Lovebird tidak kaget ketika menjalani terapi renang, sebaiknya semprotkan sedikit air ke arah Lovebird. Setelah itu Lovebird baru boleh dimasukkan ke dalam ember atau baskom.

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kekuatan napas Lovebird adalah dengan menempatkannya di kandang umbaran. Mengingat habitat asli Lovebird adalah alam liar, maka ketika Anda menempatkannya di kandang umbaran maka Lovebird akan merasa lebih bebas. Dengan begitu Lovebird akan semakin aktif bergerak dan lebih bugar. Layaknya orang yang berolahraga, lemak pada Lovebird juga akan berkurang apabila Lovebird aktif bergerak. Saat lemak sudah berkurang, maka Lovebird akan lebih mudah dalam ngekek dan bernapas.

Cara Meningkatkan Mental Lovebird 


Tidak cukup dengan melatih napas dan kekuatan vokal saja, tapi mental Lovebird juga harus dilatih. Banyak Lovebird yang ngekeknya panjang tapi ketika dibawa ke ajang perlombaan Lovebird tiba – tiba diam membisu. Dari sini bisa disimpulkan bahwa mental Lovebird belum terlatih. Cara meningkatkan mental Lovebird paling mudah adalah dengan cara rutin mengajak Lovebird jalan – jalan ke sekitar komplek atau tempat dimana terdapat keramaian. Dengan cara ini Lovebird akan belajar bertemu dengan banyak orang dan belajar berada di keramaian, lama kelamaan mental Lovebird akan terlatih sehingga tidak akan macet saat dibawa ke ajang lomba.

Demikian tadi beberapa cara meningkatkan kekuatan vokal, napas, dan mental Lovebird. Cukup mudah untuk dilakukan bukan? Untuk menghasilkan suara ngekek yang panjang dan bagus, pastikan Anda menerapkan hal – hal di atas secara rutin. Namun Anda juga tidak boleh egois, dalam artian tetap perhatikan bagaimana kondisi Lovebird itu sendiri. Anda harus paham kapan Lovebird dalam kondisi sehat dan bugar, kapan Lovebird harus istirahat dan lainnya. Semoga informasi di atas bermanfaat ya. Salam kicau LOOOR!!

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar