Skip to main content

follow us

Tidak bisa dipungkiri jika saat ini penggemar burung kicau semakin meningkat. Dari usia muda hingga tua banyak yang suka memelihara burung.
Jenis burung yang dipelihara pun bervariasi sesuai dengan kesukaan masing masing.


Nah, berbicara mengenai burung peliharaan ada salah satu jenia burung yang menjadi vaforit di kalangan pecinta burung yaitu burung branjangan.  Jenis burung ini memang memiliki keunikan tersendiri sehingga tak ayal menarik minat para kicau mania untuk memeliharanya.

Namun memang memelihara burung ini gampang gampang susah, terutama untuk memunculkan suara gacornya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi burung branjangan mogok ngoceh/Nggacor diantaranya adalah

  • Burung mengalami stress
  • Kurangnya asupan mineral dan vitamin
  • Adanya kutu di tubuh burung
  • Serta kebersihan lingkungan dalam kandang, selain itu juga masih ada beberapa faktor lainya.

Karena karakternya yang gampang gampang susah tersebut, anda harus pintar pintar mencari trik dan cara untuk memunculkan suaranya, seperti halnya,

Gantang Burung Branjangan Lebih Tinggi Dari Biasanya

Yang pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggantang burung ini di ketinggian. Karena memang secara naluriah burung ini suka dengan ketinggian. Karena dengan berada ditempat tinggi burung bisa lebih leluasa melihat daerah sekitarnya, sehingga bisa mengamati apapun seperti burung lainya, hewan predator, sehingga suaranya akan keluar untuk menandai daerah kekuasaanya.

Beri Pakan Ulat Hongkong Dan kurangi Memberi Pakan Jangkrik

Ada sebagian pecinta burung yang enggan memberi pakan ulat hongkong karena beranggapan bisa mengakibatkan katarak pada sang burung. Namun pemberian ulat hongkong pada burung branjangan bisa memancing suara gacor dan ngeplongnya.

Ganti Bubukan Pasir dan Batu Bata Secara Berkala

Gantilah bubuk pasir atau batu bata secara berkala minimal setiap satu bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya jamur. Perhatikan juga bagian bawah sangkar, jangan biarkan terlalu banyak kotoran yang menumpuk. Dengan kondisi kandang yang bersih tentu burung lebih nyaman sehingga naluri berbunyinya akan keluar dengan sendirinya.

Pancing Dengan Suara Burung Burung Kecil

Jika telah sekian lama memelihara branjangan dan juga tak kunjung bunyi. Cobalah untuk memancingnya dengan menaruh burung burung kecil di sekitar kandang branjangan. Seperti halnya burung pleci dan lain sebagainya. Dengan adanya burung kecil tersebut maka lama kelamaan akan memancing suara branjangan untuk keluar ngeplong.

Jemur Yang Cukup

Burung ini merupakan jenis burung tahan panas. Lakukanlah penjemuran setidaknya 30 menit perhari dan segera teduhkan jika burung mulai merasa kepanasan. Kemudian mandikan sang burung. Ini untuk melatih kebugaran burung, sehingga efeknya bisa memancing bunyi burung.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar