Skip to main content

follow us

Burung kacer, bagi para kicau mania jenis burung ini memang sudah tidak asing lagi didengar. Bahkan juga menjadi salah satu primadona di kalangan kicau mania. Hal ini tak lepas dari suara burung kacer yang khas .


Maka tak ayal jika burung inipun banyak dipelihara baik sebagai burung peliharaan dirumah maupun burung untuk kompetisi. Merawat burung kacer sebenarnya mudah dan tidak  harus dengan perawatan kusus, yang sulit adalah menjadikan burung kacer agar bisa bersuara panjang. Karena memang salah satu penilaian dalam suatu lomba adalah juga termasuk durasi berkicaunya. Lalu bagaimana cara melatihnya agar bisa berkicau dengan durasi yang lama.

Untuk bisa melatih kacer agar bisa bersuara panjang ada beberapa hal dasar yang harus anda ketahui sebelumnya.

Faktor Garis Keturunan

Hal yang pertama yang harus anda perhatikan adalah dari segi garis keturunanya. Kacer dengan indukan super sudah pasti 70% akan mewariskan kemampuanya pada keturunanya. Namun tentu saja tidak mudah untuk melihat faktor genetik tersebut apalagi jika membeli burung bukan dari penangkarnya langsung. Namun biasanya burung calon juara bisa dikenali dengan warna bulu, kualitas suara, kelincahan dan sebagainya.

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan juga penting untuk diperhatikan guna melatih mental dari burung kacer. Misalnya kebersihan kandang. Kandang yang bersih tentu akan menjadikan burung lebih sehat dan terhindar dari segala jenis peyakit.

Agar Burung Kacer Bisa Bersuara Panjang Perhatikan Hal Berikut Ini

Perhatikan pakan dengan memberikan makanan tambahan seperti cacing, jangkrik, kroto dan Belalang Hijau. Makanan tambahan tersebut banyak mengandung nutrisi yang bisa membuat burung lebih bergairah bersuara.

Lakukan Pemasteran Secara Rutin

Dan satu hal yang tak kalah penting adalah latihan untuk pemasteran. Anda bisa menggunakan jenis burung Lovebird maupun kenari sebagai burung pemaster. Baik Lovebird maupun kenari sangat baik untuk merangsang burung berkicau. Karena suaranya yang terdengar keras sehingga bisa memancing emosi burung anda, sehingga secara tidak langsung burung anda pun akan meladeni kicauan dari burung burung kecil tadi.

Selain itu juga lakukakan perawatan seperti saat burung berada di habitat aslinya. Contohnya dengan menggantang burung di bawah pohon sehingga burungpun merasa nyaman dam seolah berada di habitat aslinya, sehingga burung akan beradaptasi dan cepat mengeluarkan suara panjang.

Lakukanlah pengembunan setiap pagi kira kira habis subuh hingga keluar sinar matahari yang akan menghangatkan tubuhnya. Selanjutnya mandikan burung hingga basah dan kemudian jemur hingga bulu kering, ingat saat melakukan penjemuran ini hanya sediakan minuman saja dalam kandang.

Selanjutnya jika penjemuran selesei berikan pakan buah terlebih dahulu baik itu pisang atau buah lainya, anda juga bisa memberinya poer jika sudah bisa makan poer, selanjutnya berikan pula olat hongkong yang warnanya putih 2-3 saja.  Atau anda juga bisa memberikan jangkrik kecil, ulat kandang maupun kroto. Namun satu hal yang perlu diingat untuk pemberian kroto jangan dilakukan setiap hari.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar