Skip to main content

follow us

Memang tidak bisa dipungkiri jika penghobi burung saat ini mewabah di berbagai kalangan masyarakat kita, baik tua, muda, laki bahkan tak jarang pula para wanita. Hal ini sangat wajar mengingat memelihara burung dapat menghilangkan stres para empunya apalagi jika burung memiliki suara gacor yang merdu.

Ada banyak jenis burung yang memiliki suara emas, diantara burung tersebut adalah jenis Kenari. Kenari memang sangat banyak diminati para dulor kicau mania, mengingat tampilan si kenari ini memang cantik dengan bulu mulus dan warnanya pun ngejreng. Selain itu dari segi suara sangat enak sekali untuk didengar.

Burung kenari umumnya akan mulai berkicau saat usianya berumur 5,5 bulan bahkan terkadang ada juga sebelum usia tersebut sudah pandai berkicau. Tentu hal ini tidak sama antara satu burung dan burung lainya tergantung kecerdasan burung itu sendiri.


Nah, ada kalanya siburung mengalami suara serak yang mengakibatkan bunyi kicaunya sedikit terganggu. Tentu hal ini tidak dulor inginkan bukan??? Ada beberapa penyebab mengapa burung mengalami gangguan ini mulai dari adanya lendir di tenggorokan/ pilek, dan tentu masih banyak lagi faktor lainya.

Beberapa Penyebab Umum Suara Kenari Menjadi Serak

Seperti uraian diatas ada banyak faktor yang menyebabkan kenari menjadi serak. Seperti keadaan lingkungan yang berdebu, angin kencang, hujan terus menerus, atau juga bisa karena perubahan cuaca yang ekstrim dari cuaca panas tiba tiba hujan terus-menerus.

Kondisi cuaca seperti ini terkadang berpengaruh bagi kesehatan burung dan biasanya burung akan terkena flu/pilek sehingga suaranya pun terganggu. Jika hal ini terjadi pada burung dulor semuanya, segera lakukan tindakan cepat agar tidak semakin parah dan burung segera fit kembali.

Cara Ampuh Mengobati Burung Kenari Suara Serak Karena Flu

Untuk mengatasi suara serak dulor bisa mencampurkan sedikit air jahe pada minumanya, atau juga biasanya diberikan minuman larutan. Selain itu perhatikan kebersihan kandang dan untuk sementara waktu biarkanlah kenari mandi sendiri,,itu artinya tidak disarankan memandikan burung saat tengah flu apa lagi dengan semprotan, sebab bisa saja air yang disemprotkan masuk ke dalam hidung hingga penyakit burungpun tambah parah. Hindari pula pemberian pakan yang mengandung getah seperti mentimun, oyong dan sayuran sejenis yang bergetah.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar