Skip to main content

follow us

Buat anda para pecinta burung mania pasti kesel banget kan jika burung kesayangan malas ngekek. Memang sih secara umum hal tersebut biasa terjadi, nggak terkecuali dengan si Lovebird. Burung dengan paruh melengkung ini  kadang juga suka ngambek nggak mau ngekek. Ada banyak faktor sih yang menyebabkan burung macet bunyi  tentunya selain dikarenakan kondisi burung yang lagi drop juga masih banyak lagi faktor pemicunya.

Berikut akan saya ulas beberapa faktor penyebab lovebird malas ngekek :

Kondisi drop
Sudah saya singgung di awal, kondisi drop pada Lovebird menyebabkan burung jadi malas ngekek. Hal tersebut bisa disebabkan karena perawatan yang kurang maksimal, kurang makan atau lagi sakit.

Birahi lemah
Untuk mendapatkan Lovebird dengan gacor yang mempesona memang tidak bisa dilakukan perawatan asal - asalan. Pemberian makanan dengan nutrisi yang baik, harus anda lakukan,termasuk pemberian makanan tambahan. Untuk perawatan  juga tak boleh asal - asalan. Maksutnya memandikan dan menjemur harus  dilakukan secara teratur.

Masa Mabung
Hal ini dapat anda perhatikan dari kondisi fisik Lovebird. Biasanya jika banyak bulu kecil berjatuhan bisa di pastikan burung tersebut dalam masa mabung. Dan di saat seperti ini biasanya Lovebird akan malas ngekek, meskipun memang tidak semuanya jenis Lovebird seperti itu.

Pindah Sangkar
Menempati sangkar baru tak urung membuat Lovebird juga macet bunyi. Hal tersebut karena burung perlu beradaptasi dengan rumah barunya.

Yang saya ulas di atas hanya beberapa faktor saja, namun jika yang terjadi karena kesalahan perawatan  hingga menyebabkan burung Lovebird anda ngambek bunyi anda bisa melakukan beberapa tips berikut yang saya kutip dai www.omkicau.com

Beri Makanan Yang Tepat
Memberi makan burung agar bisa gacor jago, memang susah - susah gampang. Kurang nutrisi bikin malas ngoceh demikian juga dengan kelebihan nutrisi. Karena pilhkan makanan yang sesuai seperti jagung muda,  dan milet putih. Jangan lupa beri juga makanan tambahan seperti pucuk daun mengkudu. Bisa juga dengan membuatkan ramuan herbal dari serai. Caranya ambil satu batang serai geprek masukkan ke dalam wadah lalu tambahkan air hangat. Diamkan sampai berwarna merah selanjutnya jika sudah dingin bisa diberikan pada Lovebird anda. Pemberian ramuan ini 2 - 3 kali seminggu.

Lakukan Pengembunan
Hal ini sangat penting anda lakukan jika ingin si Lovebird kesayangan tidak lagi ngambek dan punya daya tahan tubuh yang fit. Setiap pagi lakukan pengembunan dengan menggantungnya di luar rumah dengan kondisi sangkar masih di kerodong. Selanjutnya jika dirasa  si burung sudah bisa beradaptasi dengan suhu luar ruangan tersebut anda bisa buka kerodongnya.

Mandikan Dengan Air Dingin
Untuk mendapat hasil maksimal anda bisa gunakan air dari dalam lemari es. Atau air yang telah anda dinginkan di suhu luar ruangan selama semalaman.

Pasangan Untulan
Ternyata tidak hanya manusia saja yang mengalami kesepian, ya ialah makhluk di dunia ini kan memang di ciptakan berpasangan tak terkecuali sama si Lovebird. Karena itu untuk mengembalikan keceriaan Lovebird kesayangan anda agar mau berkicau merdu berikan pasangan untulan, hal ini merupakan pancingan agar Lovebird mau berkicau. Logikanya masak ada temen satu kandang di cuekin pastinya Lovebird anda bakal ngoceeeh tyada henti.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar