Skip to main content

follow us

Burung LoveBird-Tak bisa dipungkiri jika si paruh bengkok ini begiu banyak di sukai para kicau mania, selain karena tampilan warnanya yang ngejreng burung lovebird juga mempunyai ciri khas dari suaranya. Yups, burung ini memiliki suara yang keras bahkan bisa nggacor atau ngeke dengan durasi yang panjang.

Maka tak heran jika banyak yang memeliharanya baik sebagai burung aduan maupun sebagai hiburan dirumah istilah jawanya "gae rungon-rungon". Namun apa jadinya jika burung ini tiba-tiba macet bersuara dan gak mau ngekek, pasti hal ini memBuat sang empunya puyeng. Yups pasalnya sudah pasti burung tersebut tidak bisa diturunkan diajang lomba.

Burung macet bersuara sebenarnya sangat lumrah terjadi bahkan hampir semua jenis burung mengalaminya. Ada beberapa faktor dasar penyebab burung macet bersuara seperti pola perawatan yang kurang tepat atau juga bisa karena kondisi burung sedang drop/menurun.

Nah buat dulor yang tengah mengalami kejadian burung macet bunyi ada 4 cara ampuh untuk memulihknya simak berikut ini

Lakukan Pengembunan Rutin

Lakukan pengembunan setiap hari, keluarkan lovebird setiap pagi, dan gantang sangkarnya diteras atau halaman rumah dengan kondisi sangkarnya masih dikerodong. Biarkan burung beradaptasi dengan udara pagi terlebih dahulu setidaknya 5 sampai 10 menit baru kemudian buka kerodongnya.

Selain untuk terapi burung malas  bunyi , pengembunan di pagi hari bisa meningkatkan stamina dan daya tahan burung.

Mandikan Dengan Air Dingin

Jika matahari sudah terbit segera lanjutksn dengan memandikan burung dengan air dingin. Air dingin bisa berasal dari air yang telah disimpan dalam kulkas, Atau dulor bisa menggunan air dalam tabung sprayer yang sebelumnya telah disimpan semalaman di luar halaman rumah .

Berikan Pakan Secara Tepat

Selanjutnya untuk mengatasi lovebird yang macet bunyi, dulur bisa menperbaiki kualitas pakanya. Selama proses pemulihan selalu sediakan pakan berupa jagung muda dan milet putih, perhatikan kedua pakan ini harus ada setiap hari. Tak lupa berikan juga pakan tambahan berupa pucuk daun mengkudu muda. Untuk pakan tambahan pucuk daun mengkudu muda ini tidak untuk diberikan setiap hari cukup 2 sampai 3 kali dalam satu minggu.

Dulur juga bisa menambahkan minuman berupa rebusan daun sirih. Caranya gampang, cukup geprek 1 -2 helai daun sirih kemudian celupkan ke air panas hingga warnanya berubah menjadi kemerah merahan dan jika airnya sudah dingin bisa diberikan ke lovevird macet bunyi tersebut. Berikan 2-3 kali saja/minggu.

Berikan Pasangan/Untulan

Tak hanya sang empunya saja yang butuh belaian kasih sayang pasangan. Melainkan lovebird juga butuh pasangan. Lovebird macet bunyi juga bisa disebabkan stress karena merasa kesepian. Untuk itu dulor bisa memberikan pasangan/untulan untuk memancing memulihkan kondisinya sehingga burung kembali bisa fit dan siap tempur. Selamat mencoba.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar