Skip to main content

follow us

Tak hanya manusia, penyakit diare juga bisa menyerang lovebird. Kondisi diare pada lovebird tidak hanya ditandai dengan kotoran yang berbentuk cair. Diare para lovebird juga bisa ditandai dengan adanya perubahan perilaku, bulu tubuh yang lebih sering mengembang, serta adanya sisa kotoran menempel di bagian kloaka.

Diare pada lovebird bisa berdampak buruk. Diare dapat menyebabkan dehidrasi dan tubuh menjadi lemas. Agar tidak terjadi hal-hal buruk ini maka anda perlu mengantisipasi terjadinya diare pada lovebird. Berikut akan dibahas apa saja yang menjadi penyebab lovebird diare dan cara mengatasinya,

Penyebab Lovebird Diare

Lovebird bisa mengalami diare akibat serangan parasit. Beberapa jenis parasit yang bisa menyebabkan diare pada lovebird adalah koksidiosis, giardia, dan nematoda.

Virus

Virus juga bisa menjadi penyebab lovebird mengalami diare. Contoh virus yang bisa menyerang lovebird adalah adenovirus, polyomavirus, dan reovirus.

Bakteri

Penyebab diare pada lovebird yang paling umum adalah adanya serangan bakteri. Beberapa jenis bakteri yang menyebabkan diare pada lovebird adalah Escherichia coli, Clostridium, Salmonella, dan Chlamydia psittaci.

Jamur

Lovebird bisa mengalami infeksi jamur yang berakibat munculnya diare. Terdapat dua nama jamur yang bisa menyebabkan diare pada lovebird yaitu candida dan avian gastric yeast.

Gangguan di Kloaka

Diare pada lovebird bisa disebabkan karena adanya benjolan di bagian kloaka. Kondisi ini disebut cloacal papilloma yang bisa dipicu karena adanya retensi telur pada bagian kloaka.

Gangguan di Usus

Diare pada lovebird bisa terjadi karena lovebird menelan benda asing dan kemudian tersangkut di bagian usus. Benda asing yang tersangkut ini bisa memicu munculnya diare.

Perawatan Lovebird yang Terkena Diare

Jika lovebird sudah terserang diare maka anda bisa langsung memisahkannya dari burung yang sehat. Lakukan pembersihan kandang serta tempat pakan dan air minum. Lovebird juga harus diberi larutan khusus contohnya pedialyte. Diare pada lovebird juga bisa diatasi dengan obat. Obat yang digunakan untuk menyembuhkan diare pada lovebird adalah BirdBlown. BirdBlown berbentuk tepung
dan merupakan antiparasit. Cara penggunaannya, BirdBlown digunakan sebagai larutan oral.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar