Skip to main content

follow us

Mentimun adalah satu nama sayuran yang biasa digunakan sebagai lalapan di Indonesia. Banyak juga yang gemar memakan timun secara langsung maupun mengolahnya menjadi jus mentimun. Apapun itu, yang jelas adalah mentimun memiliki banyak kandungan gizi yang penting bagi tubuh.

Tak hanya untuk manusia, mentimun juga bisa bermanfaat untuk burung kicau. Biasanya mentimun memang diberikan kepada burung kicau ketika burung dalam status over birahi. Namun di samping itu, sebenarnya mentimun memiliki manfaat yang luar biasa untuk burung dan cocok dijadikan makanan reguler untuk burung.Berikut adalah beberapa manfaat mentimun untuk burung kicauan yang perlu anda ketahui :

Menjaga Cairan dalam Tubuh Burung

Seperti kita ketahui bahwa mentimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi bahkan bisa mencapai 90%. Kandungan air yang banyak pada mentimun dapat membantu mencegah terjadinya dehidrasi.

Solusi untuk Kekurangan Gizi

Mentimun sangat cocok diberikan kepada burung yang sedang mengalami kurang gizi. Mentimun memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin B, K, C, tembaga, kalium, mangan. Apa yang dimiliki mentimun bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi burung kicau.

Cocok untuk Burung Gemuk

Burung yang bertubuh gemuk atau bahkan kegemukan perlu diberi tindakan. Salah satunya adalah dengan memberikan mentimun sebagai makanan rutin. Dengan memakan timun, diharapkan bobot tubuh menjadi berkurang dan burung bisa aktif kembali.

Solusi untuk Pencernaan Terganggu

Salah satu kandungan yang dimiliki oleh mentimun adalah erepsin. Erepsin ini merupakan bentuk enzim yang sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan dalam tubuh burung.

Berperan sebagai Antioksidan

Mentimun memiliki antioksidan flavanoid yang akan membuat kondisi kesehatan burung kicau tetap terjaga. Kandungan antioksidan pada mentimun ini bisa menjadi senjata untuk melawan berbagai jenis virus dan penyakit.

Solusi Mengobati Stress

Seperti manusia, burung kicau juga tidak lepas dari stress. Namun tak perlu risau, stress pada burung kicau bisa diatasi dengan mentimun. Mentimun diketahui mengandung vitamin B komplek yang akan mengurangi beban kecemasan burung kicau.

Itulah beberapa manfaat mentimun yang bisa anda gunakan sebagai pakan untuk burung. Mentimun juga bisa menjadi pilihan makanan darurat ketika burung harus mengalami perjalanan yang cukup panjang bersama anda.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar