Skip to main content

follow us

Burung pleci, secara fisik bentuk burung ini memang mungil. Namun dibalik tubuhnya yang mungil Pleci memiliki suara yang lumayan merdu, lantang serta memiliki banyak variasi dalam berkicau. Oleh karenanya banyak orang yang berburu untuk memelihara burung pleci baik untuk peliharaan dirumah maupun sebagai burung kompetisi (Diikutkan dalam lomba).

Dikalangan komunitas Pleci, jenis jantan paling banyak dicari karena memang burung pleci jantan memiliki suara ngalas, rajin nggacor dan lebih lantang dari pada pleci betina.

Merawat dan memelihara pleci sebagai burung untuk lomba memang gampang gampang susah, segalanya harus diperhatikan dengan cermat. Mulai dari kebersihan kandang, pemasteran, pemandian, penjemuran serta pemberian pakan dan minum harus benar-benar diperhatikan dengan cermat.  Untuk lebih jelasnya berikut pakan dan minuman yang wajib diberikan agar Pleci Rajin Nggacor.

Buah-Buahan Segar

Buah memang memiliki kandungan vitamin yang sangat bermanfaat buat burung pleci. Dulor bisa memberikan buah seperti buah pisang, apel, kelengkeng, pepaya, jeruk dan lain sebagainya.

Yang perlu diperhatikan dalam pemberian pakan buah ini adalah usahakan untuk selalu mencucinya terlebih dahulu guna menghilangkan kemungkinan adanya pestisida di kulit buah. Dan segera ganti dengan buah yang baru jika pakan buah ini sudah terlihat kering.

Sayur-Sayuran Segar

Makanan berupa sayur segar diyakini oleh para kicau mania bisa membuat bulu Pleci lebih cantik serta bisa mendongkrak kebugaran tubuh pleci. Dulor bisa memberikan sayuran segar ini setiap hari seperti halnya mentimun, gambas, tomat, serta wortel.

Jika rutin memberikan pakan berupa sayuran ini diyakini bisa membuat bulu Pleci tampak lebih berkilau dengan warna yang cerah. Selain itu kebugaran burung dapat terjaga sehingga bisa meningkatkan kicauanya.

Berikan Ekstra Foding

Berikutnya dulur juga bisa memberikan ekstra fooding. Jenis makanan tambahan ini kaya akan protein yang sangat baik untuk burung. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, dalam pemberian makanan ini tidak dianjurkan dalam jumlah yang banyak. Karena jika pemberian makan jenis ini dilakukan berlebihan malah akan membuat burung cepat mabung, sehingga efeknya malah burung enggan bersuara.

Minuman Pleci Biar Nggacor

Untuk minuman pleci agar bisa cepat nggacor ngalas, dulor bisa memberikan minuman dengan ramuan kusus. Dengan ramuan minuman ini diyakini juga bisa mendongkrak stamina pleci sehingga semakin bugar.

#Menambahkan Multimineral Pada Air Minumnya
Umumnya para dulor kicau, memberikan minuman untuk burung berupa air mentah atau air tawar. Memberikan minuman dengan air tawar sangat tidak dianjurkan sebab beberapa kasus mengungkapkan air mentah memiliki ksndungan pH (derajat keasaman) yang berubah-ubah. PH terlalu rendah membuat air menjadi asam, sedang PH jika terlalu tinggi cepat membuat air mengental.  Jika hal ini terjadi terus menerus tentu tidak baik bagi kesehatan burung, karena bisa menyebabkan penyakit.

Untuk mengatasi hal ini dulor bisa menambahkan sedikit asam sitrat ataupun cuka apel. Cara lainya dulor juga bisa menambahkan beberapa bird mineral pada air minum yang akan diberikan pada burung.

Minuman Racikan Berbahan Larutan Penyegar

Larutan penyegar dikenal sebagai obat untuk meredakan panas dalam ataupun juga sariawan. Nah, dulur bisa juga membuat ramuan dari larutan ini untuk burung agar suaranya jernih dan menghilangkan suara serak. Namun tidak disarankan juga untuk memberikan minuman ini setiap hari, pemberian yang terlalu over malah tidak baik bagi kesehatan burung. Untuk pemberian larutan penyegar cukup memberikanya 2-3 kali dalam satu minggu.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar