Skip to main content

follow us

Bawang putih bukanlah sembarang bumbu dapur yang hanya digunakan untuk mengolah makanan. Bawang putih memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan tubuh baik untuk manusia maupung burung kicau.Para pecinta burung tentunya ingin burung kicau peliharaan mereka selalu dalam kondisi yang sehat.

Kandungan bawang putih ternyata memiliki khasiat yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan burung kicau. Apa saja khasiat yang dimiliki oleh bawang putih untuk burung kicau? Berikut adalah beberapa khasiat bawang putih untuk burung kicau yang perlu anda tahu.

Mencegah Serangan Bakteri

Bawang putih memiliki kandungan zat alisin yang memiliki sifat antibakteri. Sifat antibakteri ini membuat bawang putih bisa membantu melindungi burung kicau dari berbagai macam serangan bakteri seperti bacillus, proteus, clostridium, dan lain sebagainya.

Melindungi dari Serangan Jamur

Di dalam bawang putih kita bisa menemukan zat yang bersifat antijamur. Sifat ini bisa mencegah pembentukan mikotoksin. Tubuh burung kicau akan lebih terjaga dari berbagai serangan jamur dengan bantuan bawang putih.

Melawan Parasit

Selain bersifat antibakteri dan antijamur, bawang putih ternyata juga bersifat antiparasit. Zat alisin yang dimiliki oleh bawang putih bisa menjadi antiparasit dan melindungi tubuh dari serangan parasit yang bisa berbahaya.

Melindungi dari Virus

Burung kicau bisa mudah terkena virus jika tidak ada perlindungan yang baik di tubuhnya. Untuk melawan semua virus yang bisa menyerang, burung kicau membutuhkan zat alisin yang terkandung pada bawang putih.

Memberi Kehangatan

Burung kicau juga bisa merasa kedinginan, tidak hanya manusia. Apalagi jika musim hujan tiba, burung kicau bisa kedinginan dan menderita flu. Bawang putih akan memberikan kehangatan dan membantu mencegah flu.

Mengobati Luka

Luka pada burung kicau bisa diobati dengan bawang putih. Bawang putih juga biasa digunakan untuk membantu menumbuhkan bulu pada sayap burung. Bawang putih memang bisa dibilang bumbu dapur yang sederhana. Namun, di balik kesederhanaanya itu, bawang putih bisa memberikan banyak manfaat. Salah satunya adalah dengan menjadi pelindung burung kicau dari berbagai macam penyakit.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar