Skip to main content

follow us

Love bird atau biasa juga disebut dengan burung cinta ini tentu sudah sangat familiar dikalangan kicau mania. Di habitat aslinya burung ini lebih suka hidup berkelompok. Tidak ada yang tau pasti tentang asal muasal kenapa jenis burung paruh bengkok ini diberi nama lovebird. Namun menurut para pakar burung nama ini diberikan karena lovebird memiliki sifat sosial yang tinggi, serta saling mencintai satu sama lain, terlebih terhadap pasanganya sendiri. Burung ini akan selalu setia terhadap pasanganya sampai mati, itulah kenapa diberi nama love bird atau burung cinta.

Ok lor itulah tadi sedikit ulasan love bird untuk membuka artikel ini. Langsung saja pada topik pembahasan yaitu cara terbaik untuk ternak lovebird bagi pemula.

Mempersiapkan Kandang

Dalam memulai ternak lovebird hal pertana yang harus dulor persiapkan adalah kandang. Seberapa besar kecilnya kandang sesuai dengan berapa jumlah burung yang akan dulor ternakan. Jika dulor berencana ternak banyak burung buatlah kandang yang lebih besar dan buatkan pula glodok atau tempat bertelur burung dengan ukuran kurang lebih 20x20x25cm. Dan persiapkan pula ranting kecil, dedaunan kering, atau apalah disekitar glodok, sebagai bahan tempat bertelur. Biarkan saja berada berserakan sekitar glodok, karena nantinya akan ditata sendiri oleh lovebird.


Karena burung ini meeupakan burung sosial atau sebang bergerombol tidak usah memberi sekat antara tiap pasang burung. Biarkan saja semua pasang burung bercampur dalam satu kandang besar.

Beli Sepasang Love Bird Yang Sehat dan Memiliki Kualitas Yang Bagus

Setelah kandang love bird siap sekarang tugas dulor adalah mencari indukan lovebird yang berkualitas. Bagaimana menentukan indukan yang berkualitas?? Bagi pemula memang tidak mudah menentukan indukan berkualitas, namun dulor bisa mengenalinya dengan tampilan dan suaranya. Pilihlah burung dengan warna bulu yang cerah atau tidak buram, serta burung terlihat aktif, sering gacor.

Perhatikan juga usia lovebird, usahakan dalam memilih pasangan lovebird si jantan berusia lebih tua dari pada betinanya, hal ini bertujuan agar lovebird jantan lebih mendominasi saat betinanya bertelur

Pilihlah Love Bird Yang Sudah Siap Kawin

Lovebird siap kawin dapat dikenali dengan burung tersebut sering membentangkan sayap dan mengangkat ekornya tinggi, biasanya hal ini dilakukan oleh betina. Sedangkan pada pejantan biasanya ditandai dengan seringnya burung menggosok-nggosokan pantatnya pada kandang. Kebiasaan ini umumnya akan muncul pada lovebird yang sudah berumur 1 tahun keatas.

Nah itulah tadi dasar ternak love bird bagi pemula, agar ternaknya bisa berkembang. Semoga bermanfaat. Salam kicau loor....

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar