Skip to main content

follow us

Beberapa tahun belakangan ini memang nitrogen semakin banyak diminati oleh warga guna mengisi angin ban pada kendaraan mereka. Seperti yang kita tahu saat ini jasa pengisian angin nitrogen semakin banyak bertebaran terutama di pom bensin. Meskipun harga dari angin nitrogen ini lebih mahal dari pada angin biasa, namun banyak warga yang lebih memilih angin nitrogen untuk ban mereka.

Sebenarnya baik atau tidak mengisi ban kendaraan dengan Nitrogen?? Pertanyaan ini memang banyak sekali ditanyakan oleh pengguna kendaraan baik itu motor maupun mobil. Karena memang umumnya mereka cuma ikut-ikutan dalam memilih angin nitrogen untuk ban kendaraan tanpa mengetahui pasti kelebihan dan kekuranganya.

Mengisi ban kendaraan dengan Nitrogen tentu lebih banyak keunggulanya dibanding dengan angin biasa. Pakar kendaraan bermotor menjelaskan jika keunggulan utama dari angin nitrogen adalah ban kendaraan kebih awet dan tahan lama. Angin nitrogen tidak mengandung unsur air, sehingga jika dimasukan dalam ban tidak akan mengembun.

Tentu hal ini sangat berbeda dengan angin biasa, pengisian angin biasa pada ban bisa menyebabkan karat, karena ada unsur air yang terkandung didalamnya. Semakin banyak unsur airnya maka kemungkinan untuk meresap ke dalam pori-pori ban lebih besar. Yang pada akirnya akan mempercepat kerusakan pada ban.

Mengisi angin ban dengan nitrogen menjadikan ban terasa lebih empuk, dan juga ban tidak cepat panas karena angin nitrogen mempunyai kandungan molekul yang besar sehingga bisa menambah kenyamanan pengendaranya. Kelebihan lainnya menggunakan angin nitrogen untuk ban kendaraan adalah ban lebih memiliki daya cengkram yang kuat diaspal dan ban juga akan habis secara merata.

Nah, setelah membaca artikel ini anda pilih mana? Tetap angin biasa atau berganti dengan angin nitrogen? Namun satu hal yang harus anda perhatikan jangan sekali kali mencampur angin nitrogrn dengam angim biasa, karena akan menyebabkan tekanan ban naik, yang bisa saja mengakibatkan pecah ban saat dikendarai.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar