Skip to main content

follow us

Coba ingat-ingat kapan terakir kamu ganti ban motor?? 1 tahun, 2 tahun atau bahkan 3 tahun yang lalu. Ganti ban motor jangan diukur dari hitungan bulan dan tahun, ketika ban dirasa sudah tidak nyaman dipakai untuk berkendara sebaiknya lekas di ganti agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Seperti yang kita tahu ban merupakan bagian penting dalam kendaraan. Jika kamu tidak memperhatikan betul komponen yang satu ini bisa membahayakan dirimu sendiri. Berbicara mengenai kapan waktu yang tepat mengganti ban motor bisa dilihat dari beberapa tanda yang ada pada ban tersebut. Mau tau, yuuk simak berikut ini!

Tanda  Ban Motormu Harus Segera Di Ganti


Ketahui Rentan Batas Daya Tahan Ban
Secara garis besar ban motor harus diganti jika telah dipakai sejauh 12.000 km untuk ban depan, dan 10.000 km untuk ban bagian belakang. Untuk mengetahui daya tempuh tersebut kamu bisa melihatnya pada spedometer motormu.

Meskipun ban terlihat masih layak pakai namun sebaiknya jika sudah melampaui daya jelajah tersebut sebaiknya harus segera diganti.

Alur Kembang Ban Telah Menipis
Perhatikan alur ban, atau biasa juga dikenal dengan batik ban. Jika alur tersebut sudah menipis siapkam bajet untuk segera menggantinya. Alur ban yang hampir gundul biasanya akan  mempengaruhi laju kendaraan. Biasanya kendaraan terasa mbliyut/goyang jika dikendarai. Selain itu ban juga terasa licin apalagi jika melewati jalan yang basah atau berdebu. Dan lebih terasa jika dipakai ditikungan.

Adanya Retakan Pada Sisi-Sisi Ban
Terkadang banyak orang yang meremehkan retakan pada ban. Dan beranggapan tidak masalah yang penting alur ban masih tebal. Padahal hal ini jelas salah, retakan pada ban mengindikasikan jika ban tersebut telah rapuh. Jika kamu membiarkanya dan masih memakainya pada motor bisa membahayakan karena daya tahan ban sudah berkurang dan akibatnya bisa saja ban pecah/meletus saat motor dikendarai.

Munculnya Benjolan Pada Ban
Benjolan pada ban dapat dilihat secara kasat mata. Biasanya benjolan ban terjadi akibat benturan keras, seperti saat melewati polisi tidur, atau lewat di jalanan berlubang, melindas batu dsb. Jika kamu menemukanya pada ban motormu, segeralah untuk menggantinya dengan ban yang baru, biar berkendara semakin nyaman dan lancar.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar