Skip to main content

follow us

Rantai sepeda motor merupakan salah satu bagian motor yang keberadaannya tidak bisa diabaikan. Memang sih jenis motor matic sudah tidak lagi menggunakan jenis rantai. Namun untuk jenis motor bebek maupun kopling rantai masih jadi pilihan sebagai penggerak roda. Fungsi rantai sebenarnya sama dengan komponen belt atau penggerak pada motor matic. Hanya saja rantai lebih dulu dikenal karena keberadaan motor bebek memang sudah lebih dulu muncul.

Untuk keunggulan sepertinya juga sudah teruji oleh waktu, pasalnya  kemampuannya dalam mengefisiensi power loos ( hilangnya tenaga) dari mesin sampai ke roda. Bisa mencapai 5-10% hal tersebut tentu sangat jauh jika dibandingkan pemakaian belt yang power loss mencapai angka 20 %. Meski begitu jenis rantai punya kekurangan yaitu harus sering dirawat dan dibersihkan, karena posisinya yang berada di luar membuat rantai cepat kotor.

Karena itu buat kamu yang memiliki motor dengan rantai, alangkah baiknya untuk rutin memeriksa secara berkala.  Hal tersebut selain bikin rantai lebih awet juga bikin keselamatan mu terjaga.  Karena bukan tidak mungkin saking ausnya rantai motor mu atau sudah longgar tiba - tiba saja putus saat kamu melaju di jalan raya. Wiiih syerem kan? Dan berikut akan saya ulas beberapa ciri dari rantai yang musti harus kamu ganti.

1. Permukaan Rantai Aus
Kamu bisa mengamati bagian permukaan rantai. Jika permukaanannya sudah nampak aus maka ada baiknya segera di ganti. Karena hal tersebut  bisa bikin daya cengkeram rantai terhadap gir berkurang akibatnya motor kesayangan mu tidak bisa melaju kencang.

2. Timbul Suara Berisik Di Bagian Rantai 
Hal tersebut bisa terjadi karena dua kemungkinan, pertama bisa berasal dari rantai yang sudah aus, sehingga rantai menjadi longgar. Selain itu bisa pula gir motor mu yang juga ikutan rusak. Gir motor yang gompal bikin jarak antara mata satu dan lainnya tidak sama, akibatnya gesekan akan menimbulkan suara yang berisik.

3. Ketegangan Rantai Tidak Stabil
Untuk mengetesnya kamu bisa dengan memposisikan motor mu dengan standar tengah. Setelah itu nyalakan motor jika kamu lihat rantai motormu kadang kendor kadang kenceng ( Hadeeeeeeeh kaya lagu nih jadinya, pokoknya liat aja gimana penampakan si rantai) bila seperti yang saya sebutkan dipastikan rantai nya harus segera di ganti.

4. Tarikan Motor Berat
Naah kalau diiklan tarikan motor berat itu karena olinya yang nggak bagus, eit.... nanti dulu kalau misal motor mu udah dikasih oli terbaik trus berat juga tarikannya gimana ya? Lihat bagian rantai nya dong.  Rantai yang sudah aus ternyata juga bikin berat tarikan motor lho, hal tersebut karena terjadi perbedaan atau selisih waktu antara putaran gear depan dan gear belakang, akibatnya putaran roda belakang jadi telat. Dan akselerasi motor jadi menurun.

5. Motor Seperti Loncat -Loncat
Ini sangat berasa pada motor dengan kopling. Saat kamu mencoba melepaskan kopling tangan maka di bagian rantai seperti ada yang loncat - loncat. Demikian 5 ciri yang perlu kamu waspadai dari keberadaan rantai motor mu yang sudah mulai aneh.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar