Skip to main content

follow us

Bentar lagi mudik lebaran, buat kamu yang berencana pulang kampung dengan menggunakan sepeda motor sudah melakukan persiapan belum? Ada baiknya sebelum melakukan perjalanan mudik, kamu melakukan servis, hal itu penting banget pastinya kamu nggak inginkan motor mu tiba - tiba macet di tengah jalan.
Mengingat perjalanan mudik biasanya memerlukan waktu lebih dari 6 jam ban juga harus diperhatikan, umumnya dari pengguna sepeda motor banyak menggunakan jenis tube type. Namun tak sedikit juga yang menggunakan jenis ban tubeless.



Mungkin sebagian dari kamu masih ada yang bingung apa sih perbedaan ban tubeless dan tube type. Meskipun judul sama sama ban motor faktanya ban tubeless dan ban tubetype sangat berbeda. Ban tubeless merupakan jenis ban yang di disain tahan bocor, bahkan sampai tertusuk benda tajam seperti paku , dan lainnya tidak akan kempes bahkan dengan cepat komponen dari ban tubeless akan segera mamadati dan menutup area yang bocor. Selain itu alur ban juga sangat bagus dimana daya cengkramnya lebih kuat dan stabil. Namun memang jenis ban ini hanya bisa diaplikasikan pada jenis velg bertipe casting wheel (CW) atau velg racing. Untuk harga memang lebih mahal, tentunya sebanding kan dengan kwalitas.

Sementara ban tubetipe  adalah jenis ban yang menggunakan ban dalam. Seperti kita tahu secara umum jenis ban ini banyak dipakai pengguna sepeda motor selain harganya jauh lebih murah dibanding ban tubeless, pengaplikasiannya pun bisa pada velg racing atau velg jeruji.  Jenis ban inipun juga teruji kemampuan nya dalam menjelajah medan yang kurang baik, meskipun memang jenis ban ini gampang bocor saat tertusuk benda tajam. Tapi setidaknya banyak kan tukang tambal ban jenis ini.

Melihat kekurangan dan kelebihan dari kedua jenis ban tersebut pastinya kamu mulai berfikir jenis ban mana yang sesuai untuk perjalanan mudik mu. Dikutip dari  kedua jenis ban tersebut bisa jadi pilihanmu. Hanya saja memang kamu harus tahu di sepanjang jalan yang bakal kamu lewati tersebut kira - kira sudah banyak penyedia tambal ban tubeless atau tidak. Karena memang di daerah pedesaan umumnya masih menggunakan jenis ban tube type. Jadi kalau menurut saya meskipun kadang suka bocor mending pakai jenis ban tube type aja. Ya paling tidak  untuk mengantisipasi adanya tukang tambal ban.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar