Skip to main content

follow us

Meskipun saat ini berbagai jenis motor terbaru didominasi oleh motor matic yang tidak memakai rantai sebagai penghubung mesin dan roda. Namun motor dengan penghubung rantai juga masih banyak diminati.

Sebagai mana vanbelt pada motor matic, rantai pada motor bebek juga menpunyai fungsi yang hampir sama yaitu juga sebagai penghubung mesin dan roda belakang. Maka dari itu jika tidak dirawat dengan benar bisa mengalami karatan atau bahkan rantai akan cepat melar.

Rantai yang karatan selain tidak sedap dipandang juga berforma jelek buat motor karena biasanya akan menimbulkan bunyi yang berisik. Nah berikut ini cara terbaik merawat rantai motor agar tidak karatan.

Rutin Cek Kondisi Rantai

Tentunya hal pertama yang harus selalu kamu lakukan adalah dengan rutin mengecek kondisi rantai. Cek kondisi rantai kering atau tidak, jika kering jangan buru-buru diberi pelumas. Bersihkan terlebih dahulu rantai tersebut dari kotoran atau debu yang menempel. Memberi pelumas pada rantai yang berdebu malah akan membuat kotoran menumpuk dan pada akirnya rantai cepat aus.

Bersihkan Rantai Pakai Sikat Gigi Bekas

Untuk membersihkan rantai motor kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas. Kenapa sikat gigi bekas? Karena ukuran sikat gigi yang kecil dapat menjangkau hingga kesela-sela rantai sehingga lebih mudah digunakan untuk membersihkanya. Sebenarnya juga ada sih sikat kusus buat rantai. Jika kamu punya bajet yang lebih, bisa dibeli di toko-toko kusus aksesoris dan sparepart motor.

Setelah selesei disikat bersihkan dengan air yang mengalir, jangan disemprot cukup dialiri air saja biar kotoran ikut hanyut terbawa air.

Gunakan Pelumas Kusus Rantai

Jika rantai sudah bersih berikutnya tinggal semprotkan pelumas kusus rantai secara merata. Jangan pakai oli bekas karena oli bekas malah akan membuat debu/kotoran kian menumpuk.

Nah, jika kamu rutin melakukan seperti tips diatas, dijamin dech rantai motor kamu tetap kinclong tanpa ada karat dan berkendarapun lebih nyaman. Salam!

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar