Skip to main content

follow us

Rx king, buat kamu yang pernah hidup di tahun 80 - 90 pastinya nggak asing lagi dengan jenis kendaraan ini. Ya jenis motor 2 tak ini di era tahun 90 an memang jadi tren, maklum saja kemampuannya berlari yang luar biasa, jadi tidak heran jika cowok - cowok di zaman itu banyak menjadikan Rx king sebagai tunggangan nya. Dengan kapasitas mesin 135 CC motor ini bahkan juga sering digunakan untuk ajang balap liar. Lalu bagaimana kabar Rx sekarang? Di tengah gempuran motor-motor baru yang terus diluncurkan. Eit... jangan salah meskipun dari pabrikan jenis motor ini sudah tidak di produksi lagi namun hingga saat ini Rx king masih tetap eksis dan banyak di buru pecintanya.

Bayangkan saja dengan motor seumuran Rx king yang sebagian besar sudah di rongsokkan, Rx king masih banyak berseliweran di jalan raya. Hal tersebut karena kemampuannya berlari di atas motor biasa, namun memang seperti umumnya motor yang sudah berumur, seringkali muncul masalah teknis, terutama performa motor saat melaju, bila sudah begini apa yang mesti dilakukan?

Sebenarnya itu hanya  berkaitan dengan perawatan, jika anda recara rutin dan berkala melakukan pengecekan pada Rx king anda, maka biarpun motor jadul akan tetap bisa berlari kencang.
Berikut 5 Hal yang harus anda perhatikan agar Rx King dapat melaju kencang. Sebagaimana di kutip dari Hargamotor.co.id



1.  Rutin Ganti Oli Mesin
Pengecekan oli motor harus anda lakukan secara berkala, karena hal itu akan berpengaruh pada laju Rx King anda. Sebagaimana kita tahu fungsi oli adalah untuk melumasi  dan melindungi komponen mesin agar tidak cepat aus, oleh karena itu saat anda lupa tidak mengganti oli, maka fungsi  oli terhadap mesin pun tidak bisa berjalan dengan baik karena oli akan berkurang, akibatnya mesin motor cepat panas tentu hal tersebut berakibat pada berkurangnya tarikan motor. Bahkan lebih parah jika dibiarkan hal tersebut dapat memicu masalah lain pada motor anda.

2. Busi Kotor
Komponen lain yang harus anda perhatikan adalah busi. Sebagai komponen yang  berfungsi sebagai pemercik bunga api dalam proses pembakaran di mesin, kondisi busi yang kotor dan rusak sangat  mengganggu proses pembakaran pada mesin. Akibatnya tarikan mesin jadi lambat sehingga motor tidak bisa berjalan secara optimal. Jadi usaha kan untuk memeriksa secara rutin busi motor anda apakah bisa memercikkan api atau tidak.

3. Karburator Bermasalah
Sebagai pencampur bahan bakar dengan udara selama proses pembakaran di mesin, fungsi karburator sangat penting sekali untuk membuat Rx king anda melaju kencang, hal yang harus anda  perhatikan  adalah , pastikan karburator motor anda dalam kondisi bersih dan aman dari air. Karena hal tersebut akan mengganggu fungsi pembakaran.

4. Setelan Rantai Kurang Pas
Kondisi rantai yang kurang pas atau bermasalah bisa juga membuat Rx king anda berlari lambat bahkan cenderung berat. Hal tersebut karena kondisi rantai yang kendor atau pemakaian yang cukup lama.

5. Filter Mesin Motor
Kondisi filter motor merupakan bagian motor terakhir yang perlu anda perhatikan. Pastikan tidak ada kotoran yang menyebabkan sumbatan pada filter sehingga terdapat udara yang di butuhkan saat proses pembakaran terjadi.

Jika ke 5 hal tersebut anda cek secara berkala dipastikan Rx king kesayangan anda bisa melaju kencang.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar