Skip to main content

follow us

Mungkin jika dirumah kita bisa memarkirkan mobil di tempat yang teduh atau tertutup, jadi saat digunakan langsung berasa adem dan nyaman. Namun bagaimana jika kita berada di tempat umum dimana  mobil terparkir di tengah panasnya terik matahari? wiiiiih... kebayang kan gimana panas dan pengapnya kabin mobil saat kita harus memasukinya.


Jika hal itu terjadi apa yang musti kita lakukan? Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan saat kabin mobil berasa panas. Berikut 3 tips yang bisa anda coba untuk mendinginkan kabin mobil yang berasa panas.

1. Menggunakan Pelindung Matahari
Meskipun tidak bisa melindungi mobil secara keseluruhan dari teriknya matahari, namun penggunaan pelindung mobil dapat sedikit membantu meredam panas. Caranya, sebelum meninggalkan mobil, ambil penutup mobil minimalis anda, karena di tempat umum dan anda hanya parkir untuk beberapa jam saja tidak mungkin kan anda menggunakan penutup mobil yang full,  intinya bagaimana fungsi dari penutup mobil tersebut dapat meminimalisir suhu panas dalam kabin.


2. Dengan Memanfaatkan Sirkulasi Udara
Sebelum memasuki mobil,  usahakan terlebih dahulu  membuka semua kaca mobil, pergantian udara dalam mobil omatis akan membuat suhu dalam kabin perlahan berubah lebih sejuk. Baru setelah anda memasuki mobil bisa anda hidupkan AC dengan kipas yang berputar kencang. Hal ini bertujuan agar kondensor yang ada di depan radiator teraliri hawa dingin, dengan begitu maka proses pendinginan kabin dapat berjalan secara maksimal. Selanjutnya jika sudah terasa dingin dan nyaman tutup semua kaca mobil kecuali bagian belakang biarkan sedikit lebih lama yaitu antara 20 -30 detik, fungsinya agar  sisa panas dapat keluar lewat kaca belakang berikutnya kembalikan AC pada posisi recirculate atau mode sirkulasi di non aktifkan.

3. Buka Jendela Sedikit Saja
Untuk menjaga kondisi kabin tidak terlalu panas, usahakan saat  meninggalkan mobil kaca mobil sedikit terbuka, yaitu kira - kira 1 sampai dengan 2 cm. Hal Ini setidaknya bisa membuat udara di dalam mobil dapat tersirkulasi dengan baik. Namun untuk menjaga hal yang tidak diinginkan  jangan membuka kaca lebih dari 2 cm, karena hal tersebut justru akan memancing orang untuk berbuat jahat pada kendaraan anda.

Demikian tips cara mendinginkan kabin mobil, semoga bermanfaat.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar