Skip to main content

follow us

Cara Setor Tunai BNI - Saat ini hampir setiap bank yang ada di Indonesia menyediakan mesin kusus untuk menabung/setor tunai yang biasa dikenal dengan nama Cash Deposite Machine (CDM). Dengan adanya mesin tersebut dapat memudahkan nasabah, karena para nasabah tidak perlu datang dikantor cabang hanya untuk menabung. Cukup memanfaatkan mesin ini transaksi lebih mudah dan cepat.

Dan salah satu bank yang telah menyediakan jenis mesin ini adalah BNI. Secara kasat mata memang mesin setor tunai BNI tersebut terlihat sama dengan mesin ATM BNI umumnya. Sehingga para nasabah yang baru mengenal mesin ATM terkadang bingung karena tidak bisa membedakanya.


Sebenarnya jenis Mesin Setor Tunai BNI dapat mudah dikenali karena pihak bank sendiri telah memberikan label pada mesin-mesin tersebut. Anda cukup melihat tulisan yang ada di sekitar mesin, jika ada tulisan "setor tunai" berarti anda dapat menggunakan mesin tersebut untuk menabung di rekening. Perlu diketahui nasabah, mesin setor tunai ini juga bisa dilakukan untuk melakukan transaksi-transaksi lain, seperti tarik tunai, cek saldo, transfer dan lain sebagainya.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Setor Tunai BNI

Agar transaksi setor tunai berhasil dan uang tidak ditolak mesin ada beberapa hal yang wajib diperhatikan,
  1. Pastikan tidak ada lipatan pada uang kertas yang akan anda setorkan, jika terdapat lipatan rapikan terlebih dahulu.
  2. Pastikan uang tidak sobek, tidak ada stepless, isolasi ataupun juga berlubang.
  3. Pastikan uang bersih dari minyak, tidak lembab, dan tidak lengket.
  4. Pecahan uang yang bisa disetorkan adalah uang kertas 20rb, 50 rb dan 100rb.
  5. Perhatikan maksimal sekali setor hanya boleh memasukan 99 lembar uang. Dengan batas limit transaksi Rp.50.000.000 per hari.

Cara Setor Tunai di ATM BNI

  1. Masukan Kartu ATM BNI anda pada slot yang tersedia, maka anda akan dihadapkan pada pilihan bahasa. Langsung saja pilih "Bahasa Indonesia".
  2. Maka halaman baru pada monitor akan terbuka dan memberikan perintah agat anda memasukan PIN ATM. Silahkan ketikan 6 digit PIN ATM anda. Harap hati- hati saat memasukan Pin tersebut.
  3. Selanjutnya layar pada mesin ATM akan menampilkan beberapa pilihan menu, langsung saja silahkan pilih pada " SETORAN TUNAI" dan kembali layar akan menampilkan halaman baru yang berisi petunjuk tentang uang yang akan disetorkan, setelah membacanya tekan pada "LANJUTKAN".
  4. Berikutnya layar pada mesin ATM akan menampilkan perintah untuk memilih jenis setoran anda, ada dua pilihan yang ditawarkan yaitu Rekening Giro dan Rekening Tabungan. Karena anda akan melakukan setoran ke rekening tabungan maka silahkan pilih " REKENING TABUNGAN".
  5. Maka selanjutnya kotak penyimpanan uang pada mesin ATM akan terbuka, silahkan langsung masukan saja uang yang akan anda setorkan/ tabungkan dengan posisi miring. Jika sudah maka secara otomatis kotak uang tersebut akan tertutup dan mesin ATM akan melakukan penghitungan uang.
  6. Selanjutnya perhatikan layar monitor, maka akan menampilkan konfirmasi jumlah uang yang akan disetorkan, jika jumlah nominalnya sudah benar mak silahkan pilih "SETOR". Perhatikan sampai tahap ini anda juga bisa membatalkan setoran dengan pilih pada " BATAL" maka kotak penyimpanan uang akan terbuka kembali dan anda bisa mengambil uang anda.
  7. Setelah anda memilih "SETOR" maka mesin ATM akan mengeluarkan bukti transaksi setor tunai berhasil, silahkan ambil struk tersebut sebagai tanda bukti jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
  8. Terakir silahkan ambil kartu ATM anda.

Catatan : Transaksi setor tunai tidak dikenakan biaya sama sekali /gratis, sehingga anda tidak perlu kwatir. Uang masuk dalam rekening tabungan anda tanpa ada potongan.

Langkah Aman Bertransaksi Melalui ATM BNI

Guna menghindari tundak kejahatan kususnya pencurian PIN dan juga pembobolan rekening ATM perhatikan tips aman bertransaksi di ATM berikut ini,

Jaga kerahasiaan PIN ATM anda ➤ Ketika anda melakukan transaksi dari mesin ATM sudah pasti diwajibkan memasukan nomor PIN. Saat memasukan nomor PIN tersebut usahakan untuk selalu menutupinya dengan tangan, dompet ataupun juga benda lainya. Hal ini bertujuan agar PIN tetap aman dan tidak bisa terlihat oleh orang lain disekitar anda.
Kunjungi Mesin ATM yang ramai Kebiasaan pelaku kejahatan pasti melakukan aksinya ditempat-tempat yang sepi, oleh karenanya hindari melakukan transaksi di mesin ATM yang sepi. Lebih aman jika anda bertransaksi di mesin ATM yang ada di bank terkait, karena ada petugas security yang berjaga.
Selalu waspada dengam keberadaan orang disekitar anda Saat ATM sedang ramai dan antri harap selalu waspada dengan orang-orang disekitar anda. Hal ini guna menghindari praktek hipnotis yang juga marak terjadi, jangan sampai anda jadi korban selanjutnya.
Hindari menggunakan PIN ATM dari kombinasi tanggal lahir anda, karena hal tersebut akan sangat mudah ditebak pelaku kejahatan .

Nah, mudah bukan melakukan setor tunai di ATM BNI. Semoga bisa bermanfaat. Apabila ada pertanyaan jangan sungkan untuk tinggalin komentar di kolom bawah.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar