Skip to main content

follow us



Seringnya mendengar  mobil yang terbakar tak ayal bikin kita ketar - ketir. Terlebih saat melakukan perjalanan jauh  kemudian mendapati bau hangus atau gosong di mobil, tak ayal hal tersebut membuat kita panik. Namun sebenarnya hal  tersebut wajar tidak sih? Bau gosong atau terbakar pada mobil sebenarnya sesuatu yang wajar. Apalagi jika anda melakukan perjalanan jauh, karena  lamanya perjalanan tersebut membuat komponen mobil akan terasa panas, akibatnya sering memicu bau seperti gosong atau terbakar.


Namun memang munculnya bau gosong  tersebut jangan di abaikan begitu saja, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda bahwa mobil anda perlu di service. Tapi jika service sudah anda lakukan terus bau gosong masih sering tercium kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh beberapa bagian mobil berikut:
  • Kopling Selip
Untuk anda yang masih menggunakan mobil manual keberadaan kopling tentunya sangat penting, yaitu untuk memindahkan transmisi satu ke yang lainnya dengan cara menginjak kopling. Namun  jika cara yang anda lakukan tidak benar maka hal ini bisa memicu bau kopling seperti terbakar. Biasanya hal ini sering terjadi pada kondisi jalanan macet atau menurun, dimana saat itu pengemudi sering menginjak setengah kopling. Akibatnya kopling bisa saja terbakar sehingga menimbulkan bau hangus. Selain itu kampas kopling bisa cepat habis, karena pelat kopling bersentuhan dengan pressure plate, yang digesek dengan kecepatan tinggi hal itu otomatis berakibat kampas kopling akan cepat habis. Untuk menghindari bau gosong usahakan menekan kopling secara tepat.

  • Oli Terbakar
Hal ini bisa terjadi saat anda berkendara di jalan dengan posisi menanjak. Sehingga mengakibatkan  oli bocor, akibatnya bocoran tersebut tumpah dan mengenai knalpot. Bau seperti oli terbakar ini baru tercium setelah anda keluar dari mobil. Untuk itu jika mendapati kondisi seperti ini segera bawa mobil anda ke bengkel untuk dilakukan service.

  • Terjadi Masalah Pada Sambungan Selang Dan Tangki Bahan Bakar
Sambungan selang juga bisa jadi pemicu bau gosong pada mobil anda. Baik sambungan selang bensin di depan atau belakang mobil. Jika di depan mobil kemungkinan sambungan selang  tangki bahan bakar mengalami masalah, namun jika di bagian belakang kemungkinan selang bensin sobek, atau bahkan tanki bensin meluber. Hal ini bisanya terjadi karena pemasangan fuel pump yang tidak benar. Karena itu sebelum melakukan perjalanan pastikan anda mengecek seluruh bagian mobil anda dan ganti bagian yang rusak dengan yang baru.

  • Korsleting Listrik Pada Mobil
Korsleting pada sirkuit mesin, bisa pula jadi pemicu bau gosong. Hal ini biasanya terjadi karena plastik di sekitar kawat, sekring dan penyambung meleleh. Jika di biarkan hal ini  sangat berbahaya bagi mobil anda. Efek terparah mobil anda bisa mati karena sistem listrik yang tidak optimal.

  • Heater Mobil
Alat yang digunakan untuk menghangatkan udara dalam mobil ini ternyata bisa juga membuat bau gosong atau terbakar. Hal tersebut kemungkinan karena jarang anda gunakan. Atau bisa juga karena  terdapat plastik yang tersangkut di ventilasi atau masuk  dalam heater. Untuk itu bersihkan ventilasi heater secara rutin. Atau jika dalam heather kemasukan plastik bawa ke service langganan anda.

Karena itu untuk menghindari hal -hal yang tidak diinginkan. Sebisa mungkin anda rutin mengecek dan membersihkan  bagian mobil anda. Hal tersebut selain membuat perjalanan anda jadi nyaman juga bisa menghindarkan dari bahaya kebakaran mobil.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar