Skip to main content

follow us

Menggunakan Mobil Matic Di Tanjakan Atau Turunan Ikuti Tips iniBanyak alasan kenapa orang lebih memilih menggunakan mobil matic dalam menunjang aktivitasnya. Diantaranya yaitu kemudahannya saat di kendarai. Cukup tarik gas maka mobil sudah bisa berjalan. Hal ini tentu berbeda dengan mobil manual yang harus menggunakan kopling serta mengatur gigi saat berkendara. Akibatnya pengendara sering di buat capek. Terlebih jika jalanan macet pastinya bikin dobel stres.

Namun sayangnya jenis matic belum sepenuhnya memberikan kenyamanan bagi penggunanya terutama di jalanan menurun, hal tersebut karena akselerasinya masih kurang merespon. Terlebih jika jenis matic tersebut tidak menggunakan engine brake atau rem yang bisa membuat mesin berfungsi lebih maksimal. Pastinya anda harus lebih berhati - hati saat mengemudikannya di turunan.

Sebenarnya masih bisa kok mengemudikan jenis mobil matic ini di jalanan yang menurun, dan berikut akan saya kupas beberapa tips yang bisa anda lakukan

Gunakan Transmisi Paling Rendah

Saat melewati jalanan dengan tanjakan atau turunan anda bisa menggunakan transmisi otomatis. Posisi 1/L ( low ) diatur untuk menghasilkan torsi lebih maksimal. Pada saat jalanan menurun posisi 1/ L ( Low )  dapat membantu pengereman melalui engine brake. Sementara untuk jalanan menanjak anda bisa memindahkan tuas pada posisi 2/ S ( second).

Gunakan Tombol Over Drive

Tombol overdrive biasanya berada di tuas transmisi. Dengan mengaktifkan overdrive anda akan melaju dengan menggunakan gigi tertinggi. Penggunaan tombol Over Drive di gunakan saat mesin memerlukan perputaran  mesin yang lebih tinggi seperti saat menanjak ataupun mendahului kendaraan. Untuk pengoperasian setiap mobil biasanya berbeda, namun untuk Toyota biasanya tombol O/D  biasanya berada di bawah pengunci tombol perseling.

Gunakan Perpindahan Semi - Manual

Transmisi otomatis dengan sport Squential Shifmatic  dapat di gunakan pengendara saat melewati jalan yang menanjak ataupun menurun. Untuk mengaktifkan Sport Squential Shiftmatic, pengendara hanya perlu memindahkan tuas pada posisi s ( sport) atau m ( manual), selanjutnya anda tinggal menggerakkan maju atau mundur saat melakukan perpindahan percepatan.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar