Skip to main content

follow us

Tak peduli siang ataupun malam, fungsi lampu mobil sangat di perlukan untuk menunjang keselamatan saat berkendara.  Karena itu sebisa mungkin lampu mobil harus on atau bersih dari apapun agar sorot cahaya dapat terlihat sempurna sehingga tidak membahayakan diri pengendara atau bahkan orang lain.

Salah satu hal yang sering terjadi adalah kondisi di mana lampu mobil tidak dapat memancar dengan jelas. Hal tersebut biasanya di sebabkan oleh embun. Kondisi ini biasa terjadi saat hujan , habis di cuci atau ketika anda berkendara di daerah pegunungan.

Selain itu kerusakan pada mika lampu mobil dapat juga memicu embun pada lampu, karena itu usahakan untuk melakukan perawatan secara berkala, lokasi parkir pun harus anda perhatikan, usahakan untuk   memilih tempat parkir yang teduh atau tidak terpapar matahari langsung. Hal ini agar mika kaca tetap awet atau tidak retak atau getas.

Kerusakan pada mika kaca lampu semisal retak dapat memicu timbulnya embun hal tersebut karena terjadi perbedaan suhu, dimana suhu di dalam rumah lampu lebih panas daripada di luar. Akibatnya ruang lampu akan cepat berembun karena retakan pada rumah lampu tersebut.  Namun biasanya hal tersebut bisa hilang dengan sendirinya jika suhu sudah kembali normal.

Yang perlu di waspadai saat pengembunan terjadi terus - menerus hal tersebut dapat membuat bohlam pecah. Hal itu terjadi karena saat bohlam menyala tidak hanya menghasilkan cahaya namun juga panas. Keberadaan embun yang mengenai bohlam otomatis akan menghasilkan perbedaan suhu drastis, potensi tersebut akhirnya dapat memecahkan bohlam mobil anda.

Apa yang harus dilakukan saat lampu mobil berembun?

Mengetahui bahaya yang di timbulkan dari embun yang menyelimuti bohlam, maka yang harus anda lakukan adalah membebaskan ruang lampu dari embun. Dan berikut beberapa tips yang harus anda lakukan.

Mencari Tempat Berteduh Sementara Saat Hujan

Pemicu lampu mobil berembun adalah berkendara saat hujan. Karena itu usahakan untuk menepi sementara waktu di tempat yang teduh. selanjutnya nyalakan lampu beberapa menit. Biasanya cara ini akan menghilangkan embun pada ruang lampu. Namun jika pengembunan sudah sangat parah cara ini tentu tidak bisa dilakukan selain dengan membuka rumah lampu.

Periksa Rumah Lampu

Jika kondisi pengembunan dalam ruang lampu sangat parah bahkan sampai berair  Maka periksa rumah lampu, pertama lihat bagian belakang rumah lampu, pastikan bagian lubang udara tidak tersumbat oleh partikel debu atau kotoran dengan cara membersihkannya. Untuk menghilangkan embun lepaskan lampu sein searah jarum jam. Selanjutnya nyalakan lampu mobil selama beberapa menit hingga embun hilang atau kering. Terakhir pasang kembali  lampu sein.

Melepaskan Rumah Lampu

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan melepaskan rumah lampu secara keseluruhan. Termasuk bagian soket. Persiapan kayu kecil seukuran  jari kelingking orang dewasa selanjutnya kaitkan dengan kain bersih. Selanjutnya masukkan kayu tersebut kedalam rumah lampu dan bersihkan secara hati - hati agar tidak merusak reflektor. Ulangi sekali lagi dengan kain yang berbeda agar embun segera hilangbdan kering. Selanjutnya anda tinggal memasang kembali rumah lampu beserta soket.

Oleskan Silikon

Pastikan saat mengembalikan bohlam  dapat menutup dengan sempurna. Hal ini penting agar tidak ada udara yang masuk sehingga memicu timbulnya embun. Jika dirasa masih ada celah anda bisa mengoleskan silikon agar celah tersebut tertutup rapat.

Dengan Hairdryer

Selain bisa mengeringkan rambut, hairdryer bisa digunakan untuk menghilangkan embun di lampu mobil anda. Caranya ambil hairdryer lakukan pemanasan pada rumah lampu. Namun pastikan untuk tidak terlalu lama hingga berasa sangat panas, karena bukannya mengeringkan embun justru akan merusak headlamp.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar