Skip to main content

follow us

Panas, pengap dan tidak nyaman itulah kira - kira gambaran saat anda melakukan perjalanan di siang hari. Karena itulah kenapa sebagian orang lebih memilih perjalanan di malam hari. Namun bagaimana jika anda di haruskan melakukan perjalanan di siang hari? Tentu berbagai persiapan harus dilakukan. Begitupun saat anda berkendara mobil.  AC,  ya mesin yang satu ini harus tetap on supaya perjalanan anda nyaman sampai tempat tujuan.

Sebenarnya apa sih fungsi AC mobil? Air Conditioner atau AC merupakan suatu sistem yang terdapat pada mobil. Dimana fungsinya untuk menjadikan ruangan dalam kabin menjadi sejuk dan nyaman karena suhu panas akan diserap dan digantikan dengan suhu yang sejuk setelah anda menghidupkan AC. Selain itu fungsi lain dari AC yaitu untuk mengontrol kelembaban udara saat hujan turun. Suhu dingin di luar kabin karena hujan membuat udara dalam kabin lebih lembab. Akibatnya terjadi kondensasi atau pengembunan. Hal ini tentu sangat mengganggu terutama pada bagian kaca dalam mobil. Dengan menghidupkan AC maka otomatis suhu dalam kabin akan lebih normal.

Namun yang jadi permasalahan jika AC mobil sudah tidak bersahabat lagi seperti cepat panas. Hal ini tentu sangat menyusahkan terutama jika anda melakukan perjalanan di siang hari. Ada banyak faktor yang menyebabkan AC cepat panas. Namun umumnya terjadi karena perawatan yang kurang maksimal. Untuk itu usahakan melakukan perawatan secara berkala. Atau jika kerusakan terjadi lebih parah anda bisa melakukan service di spesialis AC mobil. Berikut ini Beberapa Hal Yang Harus Anda Perhatikan Agar AC Mobil Tidak Cepat Panas

Bersihkan Evaporator


Hal ini sangat penting mengingat evaporator merupakan komponen AC mobil yang paling vital, dimana terjadi pengkabutan hingga menghasilkan hembusan angin pada blower yang kemudian melewati kisi evaporator sehingga bisa bmenghembuskan udara dingin pada kabin mobil. Karena itu membersihkan area evaporator sangat penting supaya debu tidak menempel dan membuat AC cepat panas.

Mengganti Freon Yang Berkualitas


Freon atau refrigerant merupakan senyawa kimia atau gas yang biasanya di gunakan sebagai fluida untuk menyerap beban pendingin ruangan. Karena itulah kenapa jika freon sudah tidak berfungsi dengan baik maka kinerja AC mobil pun akan berkurang. Akibatnya AC mobil akan cepat panas. Untuk itu gunakan Freon dengan kualitas baik agar mesin pendingin bisa bekerja secara maksimal.

Mengganti Oli Pada Kompresor Di AC Mobil


Oli kompresor juga perlu anda perhatikan agarAC mobil tidak mudah panas. Hal ini sangat penting sebab fungsi kompresor akan terganggu jika oli tidak diganti secara rutin. Akibatnya kompresor bekerja kurang maksimal karena tidak bisa mendorong angin.

Jangan Meletakkan Barang Kecil Dekat AC

Berbagai bahan kecil yang mudah terbawa angin ternyata sangat berbahaya bagi AC mobil anda. Karena itu usahakan tidak merokok, makan chiki chikian ataupun bermain serpihan kertas dalam mobil.  Berbagai bahan tersebut jika masuk ke dalam AC akan membuat mesin pendingin tersebut cepat rusak.

Jangan Membenturkan Apapun Ke AC Mobil


Perlu anda ingat membenturkan benda apapun ke AC mobil bisa membuat AC cepat rusak. Hal tersebut karena dalam AC terdapat komponen yang sensitif, seperti kabel  dan yang lainnya. Karena itu usahakan menjaga bagian AC dari benturan apapun.

Demikian 5 tips agar AC mobil anda tidak cepat panas. Jika anda sudah berusaha merawat namun AC tetap panas maka segera lakukan perbaikan di bengkel service AC mobil .

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar