Skip to main content

follow us

Amazing, satu kata itu sepertinya yang sanggup mewakilkan bagaimana takjubnya melihat kemeriahan pembukaan Asian Games tanggal 18/8/2018 kemarin. Berlangsung di Gelora Bung Karno ( GBK ) Senayan, Jakarta Pusat acara ini sukses membuat masyarakat terpukau. Bahkan meski hanya di layar kaca.

Aksi dari Bapak Presiden Joko Widodo  pun seolah menyihir penonton untuk tidak berkedip saat beliau melakukan atraksi dengan motor gedenya.   Sebelum pembukaan di mulai  sebuah tayangan vidio menampilkan Jokowi yang sedang dalam perjalanan dari istana Bogor menuju stadion GBK. Namun dalam perjalanan iring - iringan kendaraan presiden terhambat antusias suporter yang memadati jalan. Karena tidak ingin mengusik euforia dari para penonton tersebut Jokowi pun memilih untuk menaiki motor milik pengawal presiden. Dalam aksinya menggunakan moge Yamaha FZ 1  Fazer Jokowi pun melakukan atraksi dengan bermanuver, mulai jumping, born out hingga trik stoppie. Aksi itupun diakhiri dengan Jokowi memasuki royal box GBK.

Melihat aksi keren dari sang Presiden dengan motornya, pasti kamu penasaran kan dengan motor gede tersebut? Ya FZ 1 Fazer merupakan tunggangan dari pengawal atau pasukan pengaman Presiden. Biasanya saat bertugas  terdapat 2 motor yang siap mengawal presiden. Namun karena ini adalah motor biasa, jelas jenis Yamaha FZ1 ini tidak dilengkapi senjata. Karena itu selalu ada 2 pengendara yang berboncengan dimana yang belakang membawa senjata api.

Karena tergolong motor pengaman presiden, maka tak heran jika saat rombongan Raja Salman ke Indonesia motor ini  pun juga ikut dalam rombongan pengawalan. Meskipun bukan tergolong jenis motor keluaran baru namun  FZ 1 ini termasuk dalam deretan moge yang punya integritas yang tinggi di kelasnya.  Memiliki panjang tubuh hingga 2140 mm, lebar 770 dan tinggi 1060 mm motor ini terlihat keren dan gagah, belum lagi stylish nya sangat menarik karena itu tak salah jika tagline nya adalah " The Brutal Beauty". Dibuat dengan rangka tipe Diamond  yang mampu menopang berbagai bagian motor besar selain juga masih mengutamakan kelenturan saat digunakan untuk bermanuver di tikungan atau belokan.

Untuk urusan dapur pacu, motor Yamaha FZ1 ini menggunakan mesin dengan kapasitas 998 cc, 5 Valve, 4 silinder, liquid cooled dengan mesin tipe over bore. Sementara untuk kekuatan motor ini mampu menghasilkan 147.90 BHP @ 11000 rpm dengan torsi puncak di 106 Nm @8000 rpm. Konon jika menggunakan transmisi 6 kecepatannya bisa mencapai 199 km/ jam.  Menyoal konsumsi bahan bakar motor ini pun tergolong irit di kelasnya. Hal ini karena FZ1 menggunakan teknologi pengapian T.C.I yang di sokong oleh Fuel Injection sehingga konsumsi BBMnya hanya 20 km/ jam.

Jadi pantas saja kenapa motor ini jadi pilihan dari pengawal Presiden karena kemampuannya yang luar biasa,  namun sayangnya  motor ini tak lagi di jual di Indonesia. Jadi kalau kamu ingin sekali memiliki motor ini bisa tuh mendapatkannya melalui perantara importir umum.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar