Skip to main content

follow us


Kenyamanan saat berkendara tentunya menjadi hal yang utama saat anda ingin melakukan perjalanan baik itu jauh maupun dekat. Karena itu kesiapan mobil sebelum di gunakan perlu di perhatikan. Kondisi mobil yang stabil dan normal  pastinya akan membuat perjalanan semakin nyaman. Pemeriksaan mobil secara rutin dan berkala tentu sangat penting untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan di saat anda berkendara. Tentu anda tidak ingin kan lagi asyik - asyiknya menikmati perjalanan tiba - tiba mobil mogok untuk itu sebelum bepergian alangkah baiknya untuk memeriksa mobil anda.

Namun bagaimana jika anda lupa mengecek dan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan? pecah ban atau ban meletus misalnya tentu hal ini sangat berbahaya bukan saja bagi diri anda sendiri namun juga orang lain yang berada di sekitar mobil anda.
Berikut beberapa tips yang harus anda lakukan saat mobil  anda mengalami pecah ban di jalan raya.

Jangan Panik

Secara umum jika terjadi hal yang tidak diinginkan, tentu rasa panik yang terjadi. Namun untuk menghindari sesuatu yang lebih buruk anda harus bisa berfikir secara tenang. Karena dengan begitu anda bisa berfikir tentang apa yang seharusnya anda lakukan.  Usahakan untuk menyalakan lampu hazard.Supaya pengendara lain mengetahui mobil anda dalam kondisi darurat. Selanjutnya segera bawa mobil anda menepi ke bahu jalan jika anda berada di jalur bebas hambatan.

Biarkan Mobil Tetap Melaju

Saat terasa goncangan yang hebat karena ban yaitu meletus usahakan untuk membiarkan mobil anda tetap melaju,  namun usahakan untuk tidak menginjak pedal gas sampai akhirnya mobil anda berhenti dengan sendirinya.

Jangan Hilang Fokus

Usahakan untuk tetap fokus saat berkendara. Terutama saat mengurangi kecepatan. Caranya lepaskan kaki dari pedal dengan cara perlahan. Atau bisa juga anda menggunakan engine brake agar laju kendaraan anda bisa melambat.

Lihat Bagian Ban Yang Pecah Atau Bocor

Bila anda sering berkendara pastinya  bisa merasakan bagian roda mana yang bocor atau pecah. Seperti  setir mobil berat ke kiri itu menandakan bahwa ban mobil bocor di bagian depan bocor jadi usahakan untuk mengarahkan kemudi ke kanan. Hal ini agar mobil anda bisa tetap berjalan dengan normal.

Jangan Mengerem Mendadak

Saat mengalami goncangan tentu secara reflek yang sering dilakukan yaitu dengan mengerem. Namun hal tersebut sebaiknya jangan anda lakukan karena dapat memperburuk keadaan. Pengereman mendadak bisa mengakibatkan bobot mobil berpindah ke depan. Akibatnya setir akan semakin menarik ke arah  ban pecah dan hal itu bisa berkibat terbaliknya mobil yang anda naiki.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar