Skip to main content

follow us

Semakin tua semakin menggila itulah yang di tunjukkan oleh Duesenberg mobil buatan Amerika. Ya dalam sebuah lelang  yang diselenggarakan rumah lelang Gooding & Company pada tanggal 25/8 2018 lalu mobil ini berhasil terjual senilai 22 juta dolar AS atau senilai Rp. 321,8 miliar.

Penjualan tersebut otomatis menjadikan Duesenberg sebagai mobil termahal buatan Amerika dan mengalahkan penjualan Shelby Cobra CSX 2000 dalam ajang lelang di tahun 2016 yang laku terjual 13,75 juta dolar atau setara 202 miliaran.

Diketahui mobil ini merupakan salah satu dari 2 Duesenberg SSJ yang pernah di buat. Dimana Duesenberg SSJ ( sasis J - 563) dimiliki oleh aktor Gary Cooper dan sasis  ,( J - 567 )dimiliki oleh artis Clark Gable.

Dalam sejarahnya,  ternyata mobil ini di produksi dalam masa suram. Dimana kala itu perusahaan mengalami kemunduran setelah kematian sang  co- founder, Fred Duesenberg.  Perusahaan yang beralih tangan oleh Errett Cord akhirnya berhasil mengeluarkan 2 Duesenberg yang akhirnya dimiliki oleh Gary Cooper dan Clark Gable dimana keduanya merupakan selebritis terkenal pada saat itu. Konon hal tersebut dilakukan untuk mendongkrak popularitas dari Duesenberg.

Mobil yang terjual ini memiliki nomor sasis 2594, di mana awalnya di miliki oleh Cooper. Selanjutnya berpindah  - pindah ke tangan beberapa orang berduit. Diketahui tahun 1949 mobil ini sempat di beli oleh kolektor D Cameron Peck asal Illinois, selanjutnya dimiliki Briggs Swift Cunningham untuk di jadikan pajangan di museum nya di Costa Mesa California,  sampai akhirnya pada 31 Desember 1986 mobil ini berpindah tangan pada Miles Collier dan setelah berpuluh tahun mobil ini terjual dengan harga fantastis.

Meskipun mobil ini  di produksi pada masa awal dunia otomotif, namun gayanya sangat ekslusif, hal ini di buktikan dengan pembeli yang bisa memesan desain dari pabrik langsung, kecuali sasis. Dengan body ringan yang di buat oleh LaGrande, poros pangkal lebih pendek, dan bobot keseluruhan yang ringan mobil ini dapat melaju hingga 225 km/ jam. Mesin 8 - silinder super Charger 6,9 liter yang mencapai tenaga 400 Tk.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar