Skip to main content

follow us

Jika diibaratkan dengan organ tubuh manusia, baterai pada ponsel pantas disebut sebagai jantung. Hal ini bukan tanpa alasan, karena baterai merupakan elemen penting pada setiap ponsel. Tanpa dibekali baterai sudah bisa dipastikan ponsel tidak bisa menyala.

Karena pentingnya peranan sebuah baterai dalam ponsel, ada baiknya kita harus merawatnya dengan baik agar baterai ponsel bisa tahan lama. Terkadang banyak dari pengguna ponsel yang mengeluhkan tentang baterai ponselnya yang cepat habis. Hal ini sangat wajar  terjadi karena performa baterai menurun. Kondisi yang demikian ini biasanya terjadi karena kebiasaan yang salah dalam melakukan charger  hingga bateraipun semakin drop.

Ketika baterai drop efek yang ditimbulkan tentu saja, ponsel tidak bisa menyala lama atau bahkan tidak bisa dinyalakan sama sekali karena baterai sudah tidak bisa terisi daya listrik.

Nah, umummya sebelum baterai mengalami kondisi drop, biasanya akan ditandai dengan penurun performa yang terjadi secara terus menerus dan semakin parah hingga akirnya ponsel tidak bisa dinyalakan sama sekali. Sebenarnya kondisi baterai drop akan ditandai dengan beberapa hal, apa sajakah itu? Berikut ulasanya,

Baterai Ponsel Mudah Panas


Pada kondisi baterai normal tentu tidak akan mudah panas ketika ponsel digunakan. Namun lain ceritanya jika baterai sudah mulai bermasalah. Baru saja digunakan bagian belakang ponsel sudah mulai terasa panas. Hal ini bisa anda rasakan ketika anda menggemgam ponsel tersebut.

Sebenarnya kondisi panas pada ponsel adalah hal yang wajar, karena panas merupakan salah satu bentuk energi yang "dilepas" sebagai kosekuensi dari energi yang disalurkan oleh baterai untuk menghidupkan ponsel anda. Namun yang menjadi masalah ketika panas yang dikeluarkan ponsel terlalu berlebih, dan terkesan tidak wajar terutama pada bagian belakang. Kondisi panas inilah yang mengindikasikan kalau baterai tersebut sudah mengalami penurunan performa dan memaksa bekerja lebih ekstra sehingga efek yang ditimbulkan panas.

Baterai Ponsel Cepat Terisi Dan Cepat Habis


Setiap jenis ponsel memiliki Standart  pengisian baterai yang berbeda beda, bahkan ada bebarapa tipe ponsel yang memiliki fitur fast charging sehingga pengisian daya bisa lebih cepat. Namun secara umum proses pengisian daya baterai pada ponsel biasanya memakan waktu sekitar 2 jam sampai baterai benar benar terisi penuh.

Nah, ketika anda melakukan charger pada ponsel dan mendapati baterai cepat penuh, namun sesaat kemudian tiba tiba baterai habis maka bisa dipastikan baterai tersebut mengalami masalah dan merupakan indikasi awal baterai akan drop.

Terjadi Perubahan Bentuk Pada Baterai


Baterai yang masih normal biasanya memiliki bentuk yang rata. Namun tidak demikian dengan baterai yang tidak normal. Baterai yang bermasalah biasanya juga ditandai dengan bentuk yang berubah yaitu membengkak pada bagian tengahnya. Baterai membengkak disebabkan karena terlalu lama di charger dan mengalami overheated.

Meskipun baterai membengkak masih bisa digunakan, namun sebenarnya komponen yang ada dalam baterai tersebut sudah mengalami kerusakan.

Indikator Baterai Lompat Lompat


Setiap ponsel apapun jenis dan tipenya pastilah dilengkapi dengan indikator baterai. Yang mana indikator tersebut menunjukan ketahanan baterai. Apabila ponsel anda mengalami perubahan yang cepat pada indikatornya, misalnya dari 20% tiba tiba naik 60% lalu turun lagi ke 30% dan sebagianya. Maka ini adalah salah satu ciri kerusakan baterai ponsel.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar