Skip to main content

follow us

Saat akan melakukan perjalanan jauh berkendara di malam hari kadang menjadi pilihan. Hal ini tentu tak lepas dari kondisi malam biasanya arus lalu lintas lebih lengang dan juga tidak panas. Namun yang perlu di waspadai saat berkendara malam hari tidak semua jalanan terang oleh penerangan lampu listrik akibatnya kita hanya mengandalkan penerangan dari lampu mobil. Yang jadi masalah saat lampu mobil tersebut justru membuat kita tidak nyaman. Ya... sorot lampu mobil dari pengendara lain acapkali membuat perjalanan malam anda terganggu. Terlebih bagi pengendara yang egois menggunakan lampu yang tidak standard  seperti sinar putih atau bahkan menyorotkan lampu  jauh di kondisi jalanan sedang ramai. Akibatnya tentu fatal jikalau pengendara lain jadi silau , karena bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Berikut tips yang bisa anda coba untuk mengurangi silau dari cahaya lampu saat berkendara di malam hari

Silau Lampu Hazard

Pembalut lampu mobil sebenarnya sudah diatur oleh undang - undang. Namun kadang ada saja pengendara yang melanggar dengan menyalakan lampu sesukanya sendiri. Termasuk lampu Hazard atau lampu darurat. Dimana lampu ini biasanya di pergunakan saat darurat saja, seperti mobil mogok, mengalami kecelakaan ataupun sedang ganti ban. Namun ada saja yang usil mempergunakan saat hujan deras, padahal hal tersebut justru membuat pengendara lain bingung dan yang paling penting bikin silau karena efek kedap - kedipnya. Untuk itu jika anda berpapasan dengan pengendara mobil yang menyalakan lampu hazard dengan kondisi berjalan usahakan memberi lampu dim agar pengendara tersebut tahu bahwa lampu yang di hidupkan salah. Namun jika cara ini tidak berhasil dan sangat mengganggu  penglihatan, anda bisa memperlambat laju kendaraan agar jarak mobil anda agak jauh sehingga pandangan anda tidak terganggu sinar lampu hazard, atau jika mungkin mobil tersebut berjalan pelan anda bisa mendahuluinya.

Silau Lampu HID 

Banyak alasan yang dilakukan orang untuk mengganti lampu asli bawaan dari pabrik dengan produk aftermarket. Salah satu lampu aksesori yang banyak diminati yaitu  high intensity discharge ( HID ) secara penampilan lampu ini memang lebih waw, karena dapat menghasilkan cahaya yang lebih terang ketimbang lampu bawaan mobil. Namun begitu sisi negatifnya  sinar lampu tersebut justru membuat silau pengendara yang berlainan arah, akibatnya tentu bisa membuat kecelakaan. Untuk itu saat anda berpapasan dengan mobil dengan sinar HID usahakan menyempitkan mata atau melirik agar intensitas cahaya yang masuk ke mata bisa berkurang. Jika anda memaksakan diri untuk melihat secara langsung tanpa memicingkan mata  bisa jadi mata anda akan mengalami kebutaan sementara karena saking silaunya.  Bayangkan satu detik saja anda kehilangan penglihatan dengan kecepatan 100km/ detik. Berarti du 28 m/ detik kita menjalankan mobil tanpa melihat. Tahu apa akibatnya jika begini? Sungguh mengerikan.

Silau Lampu Kabin

Selain lampu mobil kendaraan lain, lampu dalam kabin pun juga bisa mengurangi fokus pengendara.  Menyalakan lampu kabin memang membuat seluruh ruangan kabin terlihat terang. Hal ini tentu membuat nyaman para penumpang terlebih jika membawa anak kecil. Namun demikian ternyata melakukan penerangan pada ruang kabin membuat pengendara kurang jelas melihat kondisi jalanan. Jadi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan jika melakukan perjalanan malam hari untuk mematikan lampu kabin.

Silau Lampu Spion

Meskipun tidak sebahaya silau dari sinar HID namun spion juga bisa memantulkan cahaya yang membuat mata jadi silau. Untuk itu saat pantulan cahaya dari spion sudah membuat mata anda tidak nyaman segera naikkan kaca jendela mobil, dengan cara ini otomatis cahaya dari spion terhalang oleh kaca jendela jadi saat kita menatap ke spion silau sedikit berkurang. Atau bisa juga dengan membungkukkan spion  sehingga pantulan cahaya hanya sampai belakang body mobil.

Yang jelas saat berkendara di malam dengan kondisi lampu mobil bermacam - macam tentu memberi tantangan tersendiri untuk itu. Jika kondisi mata sudah kurang fokus usahakan untuk tidak menyetir sendiri atau lakukan perjalanan di siang hari. Namun juga yang lebih penting gunakan lampu asli dari mobil tersebut agar tidak mengganggu orang lain.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar