Skip to main content

follow us

Cara Mengatasi Kabel USB Adroid Tidak Terbaca di Komputer/Laptop ⟷ Kabel USB pastinya nama tersebut sudah tidak asing bagi kalian, karena hampir semua pemilik SmartPhone pastinya dibekali dengan kabel USB tersebut. Yups  benar sekali, kabel yang digunakan sebagai charger pada android juga bisa digunakan sebagai kabel USB.

Secara umum fungsi kabel USB pada Android selain untuk melakukan charger juga berfungsi sebagai media untuk transfer data/memindahkan berbagai file, gambar, musik, vidio, dan lainya ke Laptop/PC atau sebaliknya. Nah, pernahkah kalian mengalami kejadian dimana kabel USB tidak bisa mendeteksi data pada ponsel kalian? Padahal saat itu anda ingin memindahkan beberapa file penting dari ponsel ke laptop. Sebenarnya kalian masih bisa mengunakan cara lain untuk memindahkanya yaitu dengan transfer data/file mengugunakan media Bluetooth ataupun share id. Namun apabila menggunakan media tersebut membutuhkan waktu yang lumayan lama apa lagi jika ukuran file yang dikirimkan besar. Oleh karena itulah banyak yang lebih memilih kabel USB untuk transfer data karena lebih efisian dan tentunya lebih cepat.

Salah satu kendala yang mungkin dihadapi jika transfer data menggunakan kabel USB adalah data dari ponsel tidak bisa terdeteksi di Komputer/laptop. Hal ini sangat lumrah terjadi, namun jangan panik ketika kalian mengalami hal ini berikut beberapa langkah yang harus kalian lakukan. Ada beberapa sebab yang menjadikan smartphone kalian tidak terbaca di laptop. Seperti halnya kabel data USB rusak, salah pengaturan, atau juga bisa disebabkan karena driver komputer/laptop kalian tidak kompatibel dengan USB pada ponsel.

Cara Mengatasi Kabel USB Adroid Tidak Terbaca di Komputer/Laptop

Ketika kalian mengalami hal ini, tidak usah bingung. Ada beberapa cara untuk mengatasinya dan semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Dibawah ini admin jelaskan langkah langkahnya.

Cek Kabel USB dan Pastikan Tidak Ada Kerusakan

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah mengecek kabel USB. Perhatikan dengan teliti setiap bagian kabelnya, apakah ada yang putus atau tidak. Berikutnya lakukan pengecekan lanjutan dengan menghubungkanya dengan ponSel dan PC/Laptop. Jika kabel USB masih berfungsi biasanya pada ponsel maupun laptop akan terdapat notifikasi. Jika tidak terdapat notifikasi berarti bisa dipastikan kabel USB kalian rusak, atau mungkin kabel tersebut hanya bisa digunakan untuk charger saja dan tidak bisa digunakan untuk tranfer file.

Pastikan Driver USB di Komputer Anda Sudah Terinstall

Setelah melakukan pengecekan kabel USB dan ternyata kabel tersebut masih normal, kemungkinan ada masalah pada driver komputer/laptop kalian. Untuk itu berikutnya lakukan pengecekan pada Device manager di windows. Caranya cukup gampang, klik pada Start ➤ kemudian klik kanan pada laptop/Komputer Properties ➤ Devive Manager. Selanjutnya perhatikan pada Universal Serial Bus Controllers. Jika pengaturanya benar harusnya seperti gambar di bawah ini.

Mengatur Android Ke Mode File Transfer (MTP)

Terkadang entah karena lupa atau tidak tahu, saat menghubungkan kabel USB dari Android ke Laptop, pengguna lupa untuk merubah pengaturan ponsel ke mode File Transfer.

Saat kabel USB terhubung dari Android ke Laptop maka secara otomatis akan di setting ke Mode USB digunakan sebagai Charging, dan hanya berfungsi sebagai pengisi daya saja, oleh karena itulah USB Ponsel tidak terdeteksi di PC/Laptop. Untuk mengatasinya cukup gampang, kalian tinggal memyesuaikan saja pengaturanya. Caranya,

Hubungkan Ponsel ke PC dengan kabel USB kalian, kemudian setelah terdeteksi, biasanya pada status bar ponsel kalian akan muncul pemberitahuan ➤ Isi daya perangkat dengan USB. Yang perlu kalian lakukan hanyalah merubah pengaturanya, silahkan tap/tekan pada pemberitahuan tersebut dan rubah ke Transfer File. Dan selamat, perangkat ponsel kalian sudah bisa terbaca di komputer. Jika ada yang belum jelas kalian boleh menanyakanya di kolom komentar yang ada dibawah ini.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar