Skip to main content

follow us

Cara Cek Mutasi / Cek Rekening Koran Bank BRI - Cek mutasi merupakan aktifitas perbankan yang sering kali dilakukan oleh para nasabah bank. Terlebih bagi mereka yang mempunyai bisnis usaha online. Dengan melakukan cek mutasi maka nasabah akan diberikan beberapa daftar transaksi terakir dari rekening tabunganya.

Dahulu untuk mengetahui catatan terakir dari transaksi rekening tabungan biasanya nasabah datang langsung di kantor cabang bank BRI untuk melakukan print out buku tabungan. Namun cara ini dinilai tidak efektif terutama bagi nasabah yang mempunyai banyak kesibukan yang tidak sempat pergi ke kantor cabang Bank. Oleh karena itulah bank BRI terus berinovasi guna memudahkan para nasabahnya dengan memberikan berbagai kemudahan transaksi seperti hal nya cek mutasi.

Saat ini ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk cek mutasi rekening BRI, apa sajakah itu? Mari kita simak selengkapnya

Cetak Buku Tabungan Langsung Di Kantor Cabang BRI

Cara yang pertama anda bisa melakukan cek mutasi rekening dengan melakukan print out buku tabungan di kantor cabang BRI. Untuk melakukan print out buku tabungan nasabah harus membawa persyaratan sebagi berikut,
  • Buku Tabungan
  • KTP
  • Kartu ATM jika ada
Silahkan ambil antrian di bagian teller, dan jelaskan maksut kedatangan anda yaitu untuk mencetak buku tabungan. Maka dengan segera petugas akan memproses permintaan anda. Print out buku tabungan memiliki kelebihan tersendiri yaitu mampu menampilkan transaksi secara rinci selama 6 bulan terakir.

Cek Mutasi Lewat Mesin ATM BRI

Setiap nasabah yang membuka tabungan di Bank BRI pastinya akan di fasilitasi dengan kartu ATM. Dengan kartu tersebut nasabah dapat dengan mudah melakukan berbagai transaksi tunai maupun non tunai lewat mesin ATM BRI. Dan salah satunya adalah melakukan Cek Mutasi Rekening. Namun cek mutasi rekening via Mesin ATM  hanya akan menampilkan 5 transaksi terakir saja.

  1. Silahkan anda datang di mesin ATM BRI terdekat tentunya dengan membawa kartu ATM.
  2. Masukan Kartu ATM anda pada slot yang tersedia, lanjutkan dengan pilih bahasa "INDONESIA".
  3. Kemudian masukan PIN anda.
  4. Selanjutnya klik pada menu ''TRANSAKSI LAINYA''.
  5. Pada halaman selanjutnya pilih  ''INFO REKENING''.
  6. Lanjutkan dengan memilih ''MUTASI REKENING''.
  7. Silahkan tunggu beberapa saat, maka akan keluar struk yang memuat tentang 5 transaksi keluar masuknya uang. Pada struk yang keluar akan termuat simbol C dan D. Simbol C (Credit) adalah dana yang masuk ke rekening anda, sedangkan simbol D (Debit) adalah dana yang keluar dari rekening anda.
  8. Silahkan ambil struk dan pilih "TIDAK'' untuk mengambil kartu ATM anda.

Cara Cek Mutasi Lewat BRI Internet Banking


Untuk bisa menggunakan layanan BRI Internet Banking rekening anda haruslah sudah terdaftar pada layanan tersebut. Jika anda belum mendaftarkan rekening pada layanan ini, maka andapun juga tidak bisa menggunakan layanan Internet Banking BRI. Untuk mendaftar pada layanan silahkan langsung datang di kantor cabang BRI dan jelaskan maksut kedatangan anda yaitu daftar Internet Banking BRI. Dan berikut ini cara cek mutasi lewat Internet Banking BRI.
  • Silahkan log in ke halaman Internet banking BRI yaitu https://ib.bri.co.id
  • Lanjutkan dengan memasukan User Name, pasword, serta masukan pula kode validation yang berupa 4 kombinasi angka, jika semua sudah yakin benar maka klik"masuk".
  • Pada halaman awal akun anda, silahkan klik menu navigasi yaitu  tanda garis berjajar tiga yang ada di sisi kiri atas, untuk menampilkan beberapa pilihan menu.
  • Lanjutkan dengan pilih Rekening (informasi dan mutasi).
  • Pilih pada "Mutasi Rekening". 
  • Selanjutnya silahkan pilih periode antara tanggal, bulan dan tahun yang ingin ditampilkan. Jika semua sudah maka silahkan pilih " Tampilkan".
  • Dan secara otomatis mutasi rekening akan terlihat sesuai dengan periode yang anda tentukan.

Cara Cek Mutasi Lewat SMS Banking

Selain 3 cara diatas anda masih bisa melakukan cek mutasi via SMS Banking. Namun lagi lagi sebelum anda menggunakan cara ini. Nomor anda haruslah sudah terdaftar pada layanan. Untuk mendaftar layanan SMS Banking BRI bisa dilakukan lewat Mesin ATM maupun datang langsung di kantor cabang Bank BRI. Namun sangat kami sarankan agar anda datang langsung di kantor cabang BRI. Jika anda memutukan untuk daftar leawt Mesin ATM berikut ini adalah langkah langkahnya.
  • Masukkan kartu ATM ke mesin
  • Pilih menu ''bahasa Indonesia''. 
  • Pilih ''lanjutkan''.
  • Masukan ''PIN''
  • Pilih ''transaksi lainnya''.
  • Pilih ''registrasi''
  • Pilih SMS banking lalu masukkan 6 digit PIN SMS banking. Berikutnya akan keluar slip pendaftaran.
Dan untuk melakukan cek mutasi rekening lewat SMS banking silahkan ketik SMS dengan format berikut ini,
Mutasi ( spasi )PIN lalu kirim ke 3300 dari nomor Hp yang sudah di daftarkan. 
Selanjutnya anda tinggal menunggu balasan SMS dari pihak bank.

Bagaimana mudah bukan? pilihlah cara yang menurut anda paling mudah dan tentunya sesuai kebutuhan. Salam!.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar