Skip to main content

follow us

Cara Tarik Tunai di ATM BNI - Saat ini semakin banyak orang yang mempercayakan keamanan dana yang dimilikinya pada bank. Salah satu alasan klasik kenapa banyak orang memilih bank sebagai tempat untuk menyimpan uangnya adalah faktor keamanan. Mengingat saat ini pelaku kejahatan semakin nekat, bahkan mereka tak segan untuk masuk menjarah rumah-rumah yang jadi sasaranya. Dengan menyimpan dana di bank maka masyarakat tidak lagi cemas akan sejumlah uang yang dimilikinya terlebih jika nominal yang dimiliki cukup banyak dan salah satu bank yang menjadi kepercayaan masyarakat saat ini adalah Bank BNI.

Selain dana tersimpan dengan aman, menabung di bank BNI juga memiliki banyak sekali keuntungan-keuntungan. Banyak fasilitas yang diberikan bank kepada para nasabahnya, diantaranya adalah fasilititas internet Banking, mobile banking, sms banking, dan fasilitas berupa kartu ATM. Dimana dengan kartu ATM nasabah dapat dengan mudah melakukan berbagai transaksi finansial, salah satunya adalah transaksi tarik tunai/ tarik tabungan. Sehingga nasabah tidak perlu melakukan antrian di teller bank hanya untuk sekedar mengambil uang.

Transaksi tarik tunai dapat dilakukan selama 24 jam penuh dan tidak terikat dengan jam operasional kantor. Sehingga kapanpun nasabah dapat melakukan penarikan uangnya. Meskipun transaksi tarik tunai ini sangat mudah namun ada saja nasabah yang tidak mengetahui caranya. Umumnya adalah mereka yang merupakan nasabah baru yang belum pernah sama sekali membuka rekening sebelumnya.

Nah, bagi anda yang belum mengetahui Cara Tarik Tunai di ATM BNI berikut ini akan kami berikan panduanya. Namun sebelum melakukan penarikan pahami dulu beberapa hal berikut ini agar transaksi anda aman dan terhindar dari tindak pelaku kejahatan perbankan.

Hal- Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Transaksi Tarik Tunai ATM BNI


Saat ini BNI telah menyediakan lebih dari 12.000 mesin ATM yang tersebar di seluruh Indinesia. Sehingga tidaklah sulit menemukan mesin tersebut. Saat hendak bertransaksi pilihlah mesin ATM yang berada di keramaian, karena lebih meminimalisir adanya tindak kejahatan.

  • Perhatikan dan ingat selalu 6 digit PIN ATM anda, dan jangan sampai salah memasukan PIN ATM lebih dari 3 kali berturut-turut. Karena jika hal ini terjadi maka kartu ATM anda akan diblokir oleh sistem yang ada. Pemblokiran ini sifatnya sementara sebagai langkah pengamanan dari bank karena kemungkinan adanya aktifitas yang ilegal. Untuk membuka kartu ATM yang terblokir anda harus mengurusnya di kantor cabang BNI.
  • Selalu tutuplah dengan tangan saat hendak memasukan PIN ATM, pastikan hanya anda saja yang dapat melihatnya.
  • Agar kerahasiaan PIN ATM anda terjaga, selalu gantilah PIN ATM secara berkala. Pihak bank sendiri selalu menganjurkan agar nasabah rutin melakukan pergantian PIN ATM paling tidak setiap 3 bulan sekali.
  • Saat melakukan pergantian PIN ATM, buatlah kombinasi angka yang rumit dan tidak mudah ditebak.
  • Setelah mengetahui beberapa langkah aman bertransaksi dari Mesin ATM berikut ini adalah cara mengambil uang rekening tabungan lewat mesin ATM BNI.

Cara Tarik Tunai Di ATM BNI


Tarik tunai di ATM BNI tidak memerlukan waktu yang lama, hanya membutuhkan beberapa menit saja. Dan yang terpenting adalah anda bisa melakukanya selama 24 jam penuh.

Langkah pertama ➡ Silahkan masukan Kartu ATM BNI anda pada slot mesin yang tersedia, biasanya terletak di bawah monitor sebelah kanan. Masukan dengan posisi yang benar jangan sampai anda terbalik memasukanya.
Langkah kedua ➡ Setelah kartu ATM anda masukan, maka layar akan terbuka dan anda akan diperintahkan memilih bahasa. Ada dua pilihan bahasa yang bisa anda gunakan yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Kami sarankan anda untuk memilih Bahasa Indonesia agar lebih mudah.
Langkah ketiga ➡ Berikutnya layar monitor kembali akan memerintahkan anda untuk memasukan PIN ATM. Silahkan ketikan 6 digit PIN Kartu ATM BNI anda. Harap perhatikan, pastikan anda tidak salah mengetikan PIN ATM lebih dari 3 kali. Sebab jika anda melakukan kesalahan memasukan PIN lebih batas tersebut secara otomatis Kartu ATM anda terblokir.
Langkah keempat ➡ Pada langkah ke 4 ini, anda akan dihadapkan pada menu penarikan cepat. Dimana  layar monitor akan menampilkan daftar  nominal sejumlah uang yang bisa langsung anda tarik, mulai dari Rp.250.000, Rp.500.000, Rp.1.000.000 dan Rp.1.200.000. Sebagi contoh jika anda hendak melakukan penarikan 500.000 langsung saja tekan tombol yang ada disampingnya. Silahkan tunggu beberapa saat sampai uang keluar dari mesin ATM yang diikuti dengan struk bukti transaksi tarik tunai berhasil. Silahkan ambil dan simpan. Selanjutnya tutup transaksi anda dan jangan lupa untuk mengambil kartu ATM anda. Selesei.

➡Bagaimana Jika Saya Hanya Ingin Mengambil Uang 100 ribu? Padahal di Layar Monitor Tidak Tertera Nominal Tersebut??

  • Jika anda sejumlah uang dengan nilai nominal yang tidak ada di monitor caranyapun cukup mudah. Pada langkah keempat diatas silahkan pilih menu "PENARIKAN JUMLAH  LAIN".
    Selanjutnya anda akan diperintahkan untuk mengetikan nominal jumlah uang yang anda ingin ambil.  Namun yang perlu diperhatikan jumlah nominal uang yang ditarik harus disesuaikan dengan jenis mesin ATM BNI yang digunakan. Ada dua pilihan mesin ATM BNI yaitu pecahan Rp. 50.000 dan Rp. 100.000. Jika mesin ATM yang anda gunakan menggunakan pecahan 100.000 maka anda hanya bisa tarik tunai dengan nominal kelipatan 100.000 saja.
  • Setelah anda mengetikan jumlah nominal uang, selanjutnya pilih " Tekan Jika Benar".
  • Berikutnya silahkan pilih "REKENING TABUNGAN".
  • Tunggu beberapa saat sampai uang keluar dari mesin. Ambil dan simpan uang tersebut.
  • Dan yang terakir jika anda tidak ingin melanjutkan transaksi maka pilih "TEKAN JIKA TIDAK".
  • Maka secara otomatis kartu ATM anda akan keluar dan diikuti dengan struk bukti transaksi. Silahkan ambil keduanya dan simpan.

Kelebihan Bertransaksi Menggunakan ATM BNI
Bertransaksi dengan ATM BNI lebih menghemat waktu karena mudah dan cepat dilakukan. Selain itu nasabah dapat melakukan transaksi selama 24 jam penuh. Nasabah pun tidak perlu melakukan antrian panjang.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar