Skip to main content

follow us


Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, tentunya Bank BNI berupaya untuk selalu meningkatkan mutu dan layananya bagi nasabah. Hal ini di wujudkan dengan di hadirkanya berbagai fitur-fitur layanan demi kemudahan bertransaksi nasabahnya. Seperti halnya layanan internet banking, mobile banking, sms banking, weekend banking hingga fasilitas Mesin CDM ( Chast Deposite Machine).

Mesin CDM adalah sebuah mesin ATM yang memungkinkan nasabah dapat melakukan penyetoran tunai/ penyetoran uang melalui mesin ATM secara real time on line dengan rekening dan secara otomatis mesin CDM akan mendeteksi denomisasi dan kondisi fisik uang (asli atau palsu, baik atau rusak). Dengan hadirnya mesin ini nasabah tidak perlu datang di kantor cabang BNI dan melakukan antrian di teller bank hanya untuk menambah saldo tabunganya.

Perlu diketahui bahwa mesin CDM BNI tidak hanya bisa digunakan untuk setor tunai, mesin CDM pun sebenarnya juga bisa digunakan untuk melakukan transaksi finansial non tunai lainya seperti info saldo, transfer dana, pembayaran tagihan, isi ulang pulsa Ponsel dsb

Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Bertransaksi Menggunakan Mesin CDM

Sebelum bertransaksi menggunakan mesin CDM ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, agar nantinya proses transaksi setor tunai dapat berjalan denganlancar tanpa ada suatu hambatan.
  • Persiapkan terlebih dahulu uang yang akan disetorkan melalui mesin BNI CDM, dan pastikan uang tersebut dalam keadaan baik ( tidak teripat, tidak robek, tidak berminyak, tidak di staples dsb)
  • Pecahan uang tunai yang dapat anda setorkan melalui mesin Setor Tunai BNI adalah Pecahan uang kertas rupiah dengan nominal : Rp. 20.000, Rp. 50.000 dan Rp. 100.000.
  • Perhatikan bahwa BNI CDM hanya bisa menerima 99 lembar uang kertas dalam setiap kali transaksi dengan batas limit setoran Rp 50 juta per hari per kartu.
  • Pastikan keamanan (uang) selama dalam perjalanan menuju lokasi mesin CDM.
  • Ikuti langkah-langkah proses penyetoran sesuai tampilan layar.
  • Pastikan lembaran uang yang disetor dimasukan ke kotak penerima (hopper box) yang tersedia.
  • Jika terdapat lembaran uang yang tidak dikenali dan dikeluarkan kembali oleh mesin, segera ambil untuk proses penyetoran selanjutnya atau membatalkannya.
  • Pada kondisi tertentu lembaran uang yang ditolak dapat dicoba untuk disetorkan kembali.
  • Pastikan Anda mendapatkan bukti transaksi setelah selesai bertransaksi.

 Beberapa Kemudahan dan Keistimewaan BNI CDM

ATM Setor Tunai BNI (CDM) tidak terikat jam operasional kantor, artinya nasabah dapat melakukan transaksi setor tunai kapanpun full time 7x24 jam penuh.
Uang yang disetorkan lewat Mesin ATM BNI langsung terkredit ke rekening tabungan nasabah. 
Mesin ATM jenis CDM memiliki sensor kusus sehingga uang yang akan disetor tidak perlu dipisahkan sesuai nominalnya, baik pecahan uang kertas 20 ribu, 50 ribu, 100 ribu bisa dimasukan secara bersamaan.
Dengan menggunakan ATM Setor Tunai BNI nasabah bebas dari antrian panjang, sehingga lebih menghemat waktu.  
Selain berfungsi sebagai mesin Setor tunai. BNI CDM juga bisa digunakan untuk transaksi vinansial non tunai lainya yaitu transfer, pembayaran, pembelian pulsa Ponsel, cek saldo dsb.
   

Langkah-langkah  Penyetoran di mesin CDM BNI

  • Masukkan kartu ATM BNI
  • Pilih bahasa
  • Masukkan nomor PIN
  • Pilih jenis transaksi: Setor Tunai
  • Terdapat dua pilihan jenis rekening, silahkan pilih pada: Rekening Tabungan 
  • Masukkan jumlah uang yang akan disetorkan ke dalam box/hopper CDM dengan benar dan pastikan uang dalam kondisi baik.
    Selanjutnya uang akan diproses di mesin CDM, proses tersebut meliputi verifikasi jumlah nominal dan jumlah lembar uang..
  • Jika terdapat uang yang tidak sesuai ketentuan maka secara otomatis uang tersebut akan dikembalikan ke Hopper CDM (kotak uang akan terbuka) silahkan mengambil uang yang tidak ditolak mesin tersebut.
  • Pada layar akan muncul konfirmasi jumlah uang yang disetor baik jumlah lembar, jumlah nominal  dan total jumlah nominal. Jika semuanya sudah yakin benar silahkan melanjutkan transaksi dengan tekan pada : SETOR.
    Selanjutnya mesin akan memproses transaksi anda.
  • Transaksi selesai dan ambil bukti transaksi/struk ATM
  • Berikutnya anda akan dihadpakan pada pilihan  apakah ingin melanjutkan transaksi lainnya atau tidak. Jika ya maka kembali masukkan nomor PIN ATM anda namun jika anda tidak ingin melanjutkan transaksi tekan pada : TIDAK maka kartu ATM akan keluar, silahkan ambil kartu ATM tersebut dan transaksi selesai.

Tips Aman Bertransaksi dengan ATM BNI Setor Tunai

Untuk menghindarkan diri dari tindak kejahatan perbankan ada baiknya anda memahami tips aman dalam bertransaksi di mesin ATM. Hal ini sebagai antisipasi terkait maraknya kasus pembobolan rekening bank melalui ATM. Perhatikan bahwasanya anda harus selalu menjaga kerahasiaan PIN ATM anda, lakukanlah pergantian PIN ATM setidak tidaknya 1 bulan sekali. Selain itu juga ada beberapa hal yang wajib anda pahami agar terhindar dari pelaku kejahatan perbankan.

  • Dengan alasan apapun harap jangan pernah meminjamkan dompet yang berisi kartu ATM maupun kartu kredit terlebih kepada orang yang belum Anda percayai.
  • Perhatikan saat melakukan pergantian PIN ATM, buatlah kombinasi angka PIN ATM yang rumit dan tidak udah ditebak. Jangan pernah menggunakan kombinasi tanggal lahir, dan kombinasi angka lainya yang terlalu mudah untuk ditebak.
  • Selalu tutup dengan tangan atau benda lainya saat anda mengetikan PIN ATM, jangan sampai orang yang mengantri disekitar anda mengetahuinya.
  • Jika kartu ATM tertelan mesin jangan langsung panik, hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menghubungi coll center BNI untuk melakukan pemblokiran rekening sementara. Pastikan nomor coll center yang anda hubungi adalah layanan resmi dari bank BNI.
  • Perhatikan keadaan dari mesin ATM, jika ada sesuatu yang mencurigakan sebaiknya anda jangan melakukan transaksi dan laporkan temuan anda tersebut ke petugas setempat.
  • Segeralah bermigrasi ke kartu ATM dengan teknologi Chip, karena lebih aman dan tidak mudah dibobol oleh pelku kejahatan perbankan. Salam!

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar