Skip to main content

follow us


Jika dahulu menabung di bank nasabah harus datang langsung di kantor cabang bank, namun berkat kemajuan tegnologi saat ini menabung ke rekening bisa dilakukan lewat sebuah mesin. CDM ( Chast Deposite Machine) adalah sebuah mesin kusus yang diperuntukan bagi nasabah guna melakukan setor tunai / menabung ke rekening bank. Hampir setiap bank yang ada saat ini menyediakan jenis mesin ini, salah satunya adalah Bank BRI.

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia BRI terus berinovasi meningkatkan mutu dan pelayananya bagi para nasabah. Dengan dihadirkanya Mesin Setor Tunai ini diharapkan dapat mempermudah nasabah dalam melakukan kegiatan menabung ke rekening. Namun demikian, banyak nasabah yang ternyata belum mengetahui mesin CDM ini karena memang mesin CDM atau Mesin Setor tunai ini tidak sebanyak mesin ATM pada umumnya. Biasanya pihak bank BRI hanya menyediakan Mesin Setor tunai di kantor cabang yang memiliki nasabah cukup padat.

Kelebihan Menggunakan Mesin Setor Tunai BRI

Terkadang ada nasabah yang takut untuk menggunakan mesin ini. Mereka kwatir uangnya akan hilang. Padahal uang yang di setorkan pada mesin CDM secara otomatis akan ditambahkan pada saldo rekening BRI anda. Selain itu ada banyak kelebihan menabung lewat Mesin Setor tunai BRI diantaranya adalah

Tidak Terikat Waktu Jam Operasional Kantor - Menabung di bank menggunakan mesin ATM Setor Tunai bisa dilakukan kapanpun karena tidak ada jam yang membatasi, anda bisa melakukanya selama 24 jam penuh. Sehingga hal ini memudahkan bagi para nasabah terutama anda yang mempunyai banyak kesibukan hingga tidak sempat datang langsung di kantir cabang Bank.

Tidak Perlu Melakukan Antrian Panjang - Berbeda dengan menabung dengan cara konvesional dimana nasabah harus melakukan antrian diteller bank, dengan Mesin Setor tunai BRI nasabah dapat langsung melakukan transaksi setor tunai tanpa ribet mengisi blangko terlebih melakukan antrian panjang.

Namun tentu saja di balik kemudahan yang ditawarkan pastinya ada sedikit kekuranganya. Kekurangan menabung / setor tunai dengan Mesin CDM adalah nasabah tidak dapat melakukan setoran dalam jumlah yang sangat besar. Terdapat maksimal limit harian yang membatasinya, sehingga jika nasabah hendak menabung dengan jumlah ratusan juta hendaknya langsung datang di kantor cabang BRI terdekat.

Hal Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Setoran Tunai BRI Lewat Mesin ATM

Agar setor tunai berhasil dan uang tidak ditolak oleh mesin harap perhatikan beberapa hal berikut ini,
  • Pastikan tidak ada lipatan, steples ataupun minyak yang menempel pada uang yang akan disetorkan.
  • Pecahan uang yang bisa disetorkan adalah uang kertas 50 rb dan 100rb.
  • Dalam sekali melakukan transaksi setor tunai maksimal anda hanya bisa memasukan 50 lembar uang, sehingga jika misalnya anda ingin menyetorkan 100 lembar pecahan uang seratus ribu maka lakukanlah transaksi sebanyak 2 kali.

Cara Menabung Lewat mesin ATM Setoran Tunai BRI (Chast Deposit Machine)

  1. Silahkan masukan kartu ATM anda pada slot yang ada di Mesin ATM, kemudian anda akan dihadapkan pada pilihan bahasa dan langsung saja pilih ''Bahasa Indonesia''
  2. Selanjutnya monitor akan memerintahkan anda untuk memasukan  6 digit nomor PIN kartu anda(seperti saat melakukan tarikan tunai). Silahkan masukan dengan benar dan hati hati jangan sampai anda melakukan kesalahan lebih dari 3 kali. Karena jika itu terjadi maka secara otomatis sistem yang ada akan memblokir kartu ATM anda.
  3. Setelah PIN anda masukan dengan bebar maka layar monitor akan menampilkan beberapa pilihan menu. Terdapat 2 pilihan menu yaitu SETOR TUNAI, dan TRANSAKSI LAIN, karena anda akan menabung maka pilihlah ''SETOR TUNAI''.
  4. Silahkan tunggu sebentar, dan secara otomatis wadah kotak tempat menaruh uang akan terbuka.
  5. Berikutnya anda tinggal memasukan uang yang akan di tabungkan (maxsimal 50 lembar) minimal pecahan Rp.50.000 dibawahnya tidak bisa. Pecahan nominal yang dimasukan tidak harus sama, anda langsung bisa memasukan pecahan 50.000 dan 100.000 secara bersamaan.
  6. Setelah uang anda masukan, maka secara otomatis wadah menutup  dan mesin akan melakukan penghitungan.
  7. Silahkan tunggu sebentar dan perhatikan layar, setelah beberapa saat akan muncul konfirmasi tulisan nominal uang yang akan anda setor,  jika sudah benar kemudian tekan tulisan ''SETOR''.
  8. Berikutnya monitor kembali akan menampilkan laporan konfirmasi mengenai transaksi anda, lengkap dengan nomor rekening beserta nama pemilik rekening, pastikan laporan tersebut sudah benar.
  9. Bersamaan dengan itu akan muncul struk sebagai tanda bukti transaksi anda, ambil dan simpan.
  10. Dan yang terakir jika anda tidak ingin melanjutkan transaksi silahkan pilih ''Tidak'' dan ambil kartu ATM anda dan selesai.

Tips Aman Melakukan Transaksi Dari Mesin Setor Tunai BRI

Agar tranaksi anda aman maka sebaiknya anda memahami beberapa langkah berikut ini, hal ini tentu saja sebagai antisipasi terkait maraknya kejahatan perbankan terutama pembobolan rekening dengan teknik skimming yang kian marak terjadi.

Skimming merupakan modus kejahatan perbankan dimana pelaku menggunakan alat yang disebut dengan skimmer. Alat tersebut mampu merekam dan membaca data pada kartu ATM anda. Untuk itu guna menghindari kejahatan perbankan perhatikan tips berikut ini.

  • Jika anda masih menggunakan kartu ATM dengan teknologi magnetic stripe maka sebaiknya segera bermigrasi ke teknologi chip. Dimana teknologi chip merupakan sistem pengamanan terbaru yang tidak mudah ditembus oleh para pelaku kejahatan perbankan.
  • Saat berada di ruangan perhatikan mesin ATM dengan teliti, apabila ada sesuatu yang mencurigakan terutama pada bagian slot ( tempat memasukan kartu) sebaiknya anda jangan dulu melakukan transaksi, laporkan temuan anda tersebut pada petugas security yang berjaga.
  • Lakukanlah transaksi di Mesin ATM yang ramai, atau mesin ATM yang dijaga oleh security, sebab pelaku kejahatan biasanya melancarkan aksinya di tempat yang sepi dan tidak ada penjagaan.
  • Selalu ganti PIN ATM BRI anda setidaknya 3 bulan sekali, hal ini bertujuan agar kerahasiaan PIN ATM anda tetap terjaga.
Demikianlah tentang Cara Melakukan Setor Tunai di Mesin ATM BRI. Jika ada yang belum jelas silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar di bawah. Salam!!

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar