Skip to main content

follow us


Cara Tarik Tunai ATM Mandiri - Membuka rekening bank memiliki banyak keuntungan. Selain dana tersimpan dengan aman, nasabah juga akan difasilitasi dengan kartu ATM. Dengan kartu ATM nasabah dapat dengan mudah melakukan berbagai transaksi finansial baik tunai maupun non tunai tanpa harus datang di kantor cabang bank. Hampir semua bank yang ada saat ini memberikan fasilitas Kartu ATM kepada nasabahnya tak terkecuali dengan Bank Mandiri.

Bank Mandiri pertama kali didirikan pada 2 Oktober 1998, sebagai progam restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan pemerintah Indonesia. Sejak didirikan hingga saat ini Bank Mandiri telah berkembang pesat dan menjadi salah satu bank kepercayaan masyarakat Indonesia. Maka tak heran jika dari hari ke hari nasabah bank mandiri terus bertambah.  Demi menjaga kepercayaan masyarakat bank Mandiri pun terus berupaya meningkatkan mutu dan pelayananya yang disesuaikan dengan trend gaya hidup dan kebutuhan masyarakat saat ini. Yang mana masyarakat saat ini menginginkan transaksi perbankan yang mudah dan cepat, seperti halnya transaksi tarik tunai.

Saat ini transaksi tarik tunai tidak hanya bisa dilakukan di kantor cabang Mandiri, tetapi juga bisa dilakukan di Mesin ATM Mandiri. Namun, ternyata banyak dari nasabah mandiri yang tidak tahu cara menggunakan Mesin ATM tersebut. Nah, bagi anda yang masih bingung melakukan transaksi tarik tunai Mandiri lewat Mesin ATM, berikut ini akan kami berikan tutorialnya. Namun sebelum itu ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu beberapa hal berikut ini,

Tips Aman Bertransaksi Lewat Mesin ATM Mandiri

Kemudahan transaksi yang ditawarkan lewat mesin ATM bukan berarti tanpa celah. Ada saja pelaku kejahatan dengan segala modusnya yang selalu mengintai. Oleh karena itulah jadilah nasabah yang selalu pintar dan waspada, agar terhindar dari tindak kejahatan perbankan terutama pembobolan rekening ATM. Agar transaksi aman dan nyaman perhatikan beberapa hal berikut ini,

  • Saat memasukan PIN ATM selalu tutuplah dengan tangan, dan pastikan hanya anda saja yang dapat melihatnya.
  • Jangan sampai salah memasukan PIN ATM lebih dari 3 kali. Sebab jika hal ini terjadi maka sistem yang ada akan otomatis memblokir kartu ATM anda.
  • Carilah mesin ATM yang berada di pusat keramaian, karena umumnya pelaku kejahatan tidak berani melancarkan aksinya saat situasi sedang ramai.
  • Lakukan pergantian PIN ATM secara berkala paling tidak setiap satu bulan sekali, saat melakukan pergantian PIN usahakan anda membuat kombinasi angka yang sulit ditebak.
  • Jika kartu ATM hilang segeralah minta pemblokiran kartu ATM, caranya anda bisa langsung datang di kantor cabang Bank Mandiri atau bisa juga dengan menghubungi Coll Center Mandiri untuk segera memblokir kartu ATM anda. 
  • Jika kartu ATM Mandiri anda masih menggunakan tegnologi magnetic stripe segeralah bermigrasi ke teknologi terbaru  chip.

Cara Tarik Tunai di ATM Mandiri

Langkah Pertama➠ silahkan masukan kartu ATM pada slot/ lubang kartu yang biasanya ada di bagian bawah kanan monitor. Perhtikan posisi kartu yang benar jangan sampai terbalik memasukanya. Posisi kartu yang benar seperti pada gambar berikut ini.

Langkah Kedua➠ anda akan dihadapkan dengan pilihan bahasa, langsung saja pilih" INDONESIA".
Langkah Ketiga➠ masukan 6 digit PIN ATM anda, perhatikan saat anda memasukan PIN ATM selalu tutuplah dengan tangan atau benda lainya, pastikan hanya anda sendiri yang dapat melihatnya.
Langkah Keempat➠ perhatikan layar pada monitor, terdapat banyak pilihan menu yang ditampilkan termasuk nilai nominal yang bisa anda ambil, 100.000, 300.000, 500.000, dan 1.000.000 anda bisa langsung memilihnya. Namun jika uang yang akan anda ambil nilainya selain nominal yang tertera tersebut misalnya anda hanya ingin mengambil 150.000 maka silahkan pilih dan tekan " Penarikan Jumlah Lain".
Langkah Kelima dan keenam ➠ jika anda pada menu sebelumnya memilih 'Penarikan Jumlah Lain' maka berikutnya silahkan ketik jumlah nominal yang akan anda ambil dan jika anda sudah yakin nominalnya pilih "BENAR".
Langkah Ketuju➠ Pada langkah ini anda akan dihadapkan dengan pertanyaam ''Ingin cetak resi?''Silahkan pilih "YA" maka nantinya mesin ATM akan mengeluarkan struk transaksi, yang berupa rincian jumlah penarikan dan sisa saldo tabungan. Sementara jika anda memilih tidak maka saldo tabungan akan ditampilkan di layar.
Langkah Kedelapan➠ tunggu beberapa saat, maka mesin ATM akan mengeluarkan sejumlah uang yang anda tarik, silahkan ambil uang tersebut dan juga ambil struk bukti transaksi jika ada.
Langkah Kesembilan➠ Untuk mengakiri transaksi silahkan pilih menu "Keluar" maka transaksi pun berakir dan kartu ATM anda akan keluar dari Mesin ATM.
Langkah Kesepuluh➠ silahkan ambil kartu ATM Mandiri anda dan selesei.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar