Skip to main content

follow us

Ketika anda membuka tabungan di Bank BCA salah satu fasilitas dasar yang diberikan adalah Kartu ATM. Dengan kartu tersebut nasabah dapat dengan mudah melakukan berbagai transaksi finansial lewat mesin ATM mulai dari setor tunai, transfer, cek saldo, bayar tagihan, dan masih banyak lagi transaksi lainya, yang kesemuanya aman dilakukan karena Kartu ATM dilengkapi dengan PIN.

Berbicara mengenai PIN ATM, sudahkah anda mengganti PIN ATM BCA anda? Kapan terakir anda melakukanya?

Pergantian PIN ATM sangatlah penting dilakukan, bahkan pihak bank menganjurkan untuk melakukanya secara berkala setidaknya 3 bulan sekali. Hal ini bertujuan agar kerahasiaan dari PIN ATM tersebut tetap terjaga. Mengingat saat ini kejahatan perbankan kususnya pembobolan rekening lewat mesin ATM makin marak terjadi. Nah, bagi anda yang masih bingung tentang bagaimana cara mengganti PIN ATM BCA langsung dari mesin ATM berikut ini akan kami berikan panduanya secara lengkap. Namun sebelumnya perhatikan beberapa hal berikut ini,

Persiapkan PIN Baru Yang Rumit - Sebelum melakukan pergantian PIN, persiapkan terlebih dahulu PIN baru dengan kombinasi angka yang rumit. Hindari menggunakan kombinasi angka tanggal lahir untuk dijadikan PIN. Sebab kombinasi angka tanggal lahir sangat mudah ditebak, apa lagi jika anda kehilangan dompet beserta isinya, termasuk kartu ATM di dalamnya.

Jangan Simpan PIN di Dalam Ponsel - Karena takut lupa ada banyak nasabah yang sengaja menulis/ menyimpan PIN ATM nya di dalam ponsel. Hindari untuk melakukan ini, sebab hal ini akan memudahkan seseorang untuk mengetahui nomor dari PIN ATM anda.

Cara Ganti PIN Langsung di ATM BCA



  1. Silahkan masukan Kartu ATM atau Paspor BCA ke mesin ATM.
  2. Selanjutnya masukan PIN seperti biasa (PIN yang saat ini masih aktif) untuk masuk ke dalam menu mesin ATM.
  3. Pada halaman baru layar ATM akan menampilkan beberapa pilihan menu transaksi, silahkan pilih pada menu "Transaksi Lain" (biasanya berada di pojok kanan bawah).
  4. Kembali layar monitor akan menampilkan submenu lain, silahkan pilih pada "Ganti PIN".
  5. Silahkan masukkan ulang PIN lama anda dan setelah itu baru masukkan PIN baru (jumlahnya masih sama 6 digit). 
  6. Berikutnya lakukan konfirmasi dengan memasukkan 6 digit PIN baru sekali lagi.
  7. Jika poin nomor 6 dan 7 cocok maka akan muncul pemberitahuan, “Selamat, penggantian PIN berhasil” dan mesin akan mengeluarkan struk transaksi pergantian PIN silahkan ambil dan simpan.
  8. Terakir silahkan tutup transaksi anda dan jangan lupa ambil kartu ATM anda.


Demikian penjelasan tentang Cara Mengganti PIN ATM BCA Langsung di Mesin ATM, semoga bisa bermanfaat. Salam!


Artikel Pilihan Editor:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar