Skip to main content

follow us

Mau cek mutasi rekening BRI anda, tetapi tidak ada waktu luang untuk pergi ke bank. Kenapa mesti bingung, anda pun bisa melakukan cetak mutasi sendiri tanpa harus datang dan mengantri di kantor cabang BRI. Caranya pun cukup gampang yaitu dengan menggunakan Kartu ATM anda.

Setiap nasabah yang membuka tabungan BRI baik Britama maupun Simpedes pastinya akan difasilitasi dengan kartu ATM. Dimana fungsi dari kartu tersebut sangat banyak, mulai dari cek saldo, transfer, tarik tunai, setor tunai, bayar tagihan hingga cek mutasi serta masih banyak lagi fungsi lainya.

Nah, jika saat ini anda tengah mencari tutorial tentang cara cek mutasi di ATM BRI, tepat sekali anda membuka artikel ini karena kami akan menjelaskan panduan lengkapnya untuk anda. Namun sebelumnya perlu anda ketahui, cek mutasi atau cetak rekening koran lewat mesin ATM ini hanya akan menampilkan 5 history transaksi terakir saja. Sehingga jika anda membutuhkan catatan transaksi keuangan rekening anda yang lebih terperinci kami sarankan anda untuk melakukan print out buku tabungan dengan datang langsung di kantor cabang BRI terdekat.

Cara Cek Mutasi Rekening BRI Langsung dari Mesin ATM


Cek mutasi lewat ATM sebenarnya sangatlah mudah. Anda hanya tinggal melakukan beberapa langkah saja, berikut langkah-langkahnya.

Silahkan Datang di Gerai ATM BRI - Saat ini mesin ATM BRI telah tersebar hampir merata di seluruh daerah di Indonesia. Sehingga kami pastikan anda sangat mudah untuk menemukanya. Silahkan datang di Gerai ATM BRI terdekat tentunya dengan membawa kartu ATM anda.

Masukan Kartu ATM Anda - Langkah pertama, silahkan masukan kartu ATM anda. Perhatikan sisi kanan mesin ATM tepatnya di bawah layar monitor, terdapat lubang slot kartu untuk memasukan kartu ATM anda. Silahkan masukan kartu ATM anda dengan posisi yang benar.

Apa yang terjadi jika saya salah memasukan posisi kartu ATM? Pertanyaan bagus, jika ternyata anda salah memasukan posisi kartu anda tidak usah kwatir. Karena mesin ATM akan menolak kartu ATM anda. Sehingga bisa dipastikan kartu ATM tidak bisa masuk ke dalam mesin. Jika anda mengalami hal demikian solusinya cukup gampang silahkan balik lagi kartu ATM anda sehingga berada pada pisisi yang benar.

Untuk posisi yang benar sebenarnya sangat mudah diingat yaitu posisi pita magnetik strep yang berwarna hitam berada di bagian bawah. Lihat gambar.

Pilih Bahasa Mesin - Semua mesin ATM BRI dilengkapi dengan dua bahasa sekaligus yaitu bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris. Kami selalu menyarankan untuk memilih bahasa indonesia agar lebih mudah mengerti menu menu selanjutnya. Caranya cukup tekan tombol tulisan "Bahasa Indonesia".

Masukan PIN ATM - berikutnya anda akan diminta untuk memasukan PIN ATM BRI anda. Silahkan langsung saja ketikan 6 digit PiN anda, masukan dengan benar dan hindari melakukan kesalahan memasukan PIN ATM lebih dari 3 kali berturut turut, sebab jika hal ini terjadi maka secara otomatis kartu ATM anda akan terblokir oleh sistem bank yang ada.

Pilih Transaksi Lain - Setelah PIN ATM anda masukan dengan benar, maka layar monitor pada mesin ATM akan menampilkan halaman baru yang berisikan beberapa pilihan menu, silahkan langsung saja tekan pada tombol ''Transaksi Lain'' yang terletak di pojok kanan paling bawah.

Pilih Info Rekening - Kembali halaman baru akan terbuka, pada halaman tersebut silahkan pilih pada ''Info Rekening'' kemudian halaman selanjutnya langsung saja pilih pada ''Mutasi Rekening''.

Ambil Struk Transaksi Anda - Silahkan tunggu beberapa saat karena mesin sedang melakukan proses transaksi, dan transaksi selesei dengan ditandai keluarnya struk yang memuat 5 catatan terakir transaksi keungan di rekening tabungan anda. Silahkan ambil dan simpan.


Perhatikan gambar struk diatas, simbol C (Credit) adalah dana yang masuk ke rekening anda, sedangkan simbol D (Debet) adalah dana yang keluar dari rekening anda.

Tutup Transaksi anda - Dan langkah yang terakir jika anda tidak ingin melanjutkan transaksi maka langsung saja pilih menu ''Tidak'' yang ada dalam layar.monitor dan kartu ATM anda akan keluar secara otomatis. Silahkan ambil dan simpan. Ingat jangan sampai ketinggalan.

Nah, bagaimana mudah bukan?? cara ini bisa langsung anda coba, saat anda benar benar memerlukan catatan terakir transaksi anda. Selamat mencoba.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar