Skip to main content

follow us

Saat ini kegiatan transfer uang menjadi suatu kebutuhan yang sering dilakukan oleh banyak orang. Hal tersebut tentu saja tak lepas dari maraknya jual beli yang berbasis online. Dimana sistem pembayaran yang digunakan umumnya adalah bayar tunai lewat transfer bank.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan nasabah untuk transfer uang,  mulai dari SMS Banking, Internet Banking, ATM, atau juga bisa langsung transfer lewat teller bank. Namun transfer uang lewat teller bank saat ini mulai banyak ditinggalkan nasabah, karena memang terlalu ribet dan memakan waktu yang lumayan lama karena harus mengantri terlebih dahulu.

Nah, salah satu cara transfer uang yang paling banyak digunakan nasabah adalah dengan cara transfer langsung dari mesin ATM. Bagi anda yang membuka rekening tabungan di bank BRI pastinya akan diberikan sebuah kartu ATM. Dimana dengan kartu tersebut anda dapat dengan mudah melakukan berbagai transaksi baik tunai maupun non tunai dengan mesin ATM. Salah satu transaksi yang bisa dilakukan adalah transfer uang baik ke sesama BRI maupun ke rekening bank lainya. Dan berikut ini akan kami bagikan tutorial lengkap transfer uang ke sesama rekening BRI via mesin ATM.

Silahkan datang di Mesin ATM ➤ Untuk bisa melakukan transfer dari ATM tentu saja anda harus datang terlebih dahulu ditempat tempat yang menyediakan mesin ATM BRI. Saat ini tersedia banyak mesin ATM BRIyang tersebar hampir merata di seluruh daerah di Indonesia. Silahkan datang di mesin ATM yang menurut anda paling nyaman dan aman. Dan jangan sampai lupa untuk membawa kartu ATM.

Silahkan Masukan Kartu ATM ➤ Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk memulai transfer uang adalah dengan memasukan kartu ATM BRI anda pada mesin ATM. Silahkan masukan pada lubang slot kartu yang biasanya terletak di sisi kanan bawah monitor. Silahkan masukan dengan posisi yang benar. Untuk posisi kartu ATM yang benar seperti gambar berikut ini.


Pilih Bahasa Yang Digunakan ➤ Berikutnya anda akan dihadapkan pada tampilan layar monitor yang memuat tentang pilihan bahasa. Ada dua pilihan bahasa yang dapat anda gunakan yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Kami sarankan agar anda memilih Bahasa Indonesia agar mudah dalam melakukan transaksi. Namun bagi anda yang mahir bahasa Inggris anda juga bisa memilih bahasa Inggris sebagai bahasa default mesin ATM. Kami contohkan memilih Bahasa Indonesia, langsung saja tekan pada tombol ''Bahasa Indonesia''.


Pilih Lanjutkan ➤ Pada halaman baru yang terbuka akan muncul sedikit penjelasan mengenai keamanan dalam bertransaksi via ATM. Silahkan baca terlebih dahulu dan jika anda sudah paham langsung saja tekan pada tombol ''Lanjutkan''.

Masukan PIN ATM BRI ➤ Pada halaman baru yang terbuka anda akan diperintahkan untuk memasukan PIN dari kartu ATM anda. Silahkan ketikan PIN ATM anda dengan benar. Dan ingat jangan sampai anda salah dalam memasukan PIN ATM lebih dari 3 kali berturut turut. Sebab jika hal ini terjadi maka secara otomatis mesin akan memblokir kartu ATM anda. Hal ini merupakan sistem pengamanan yang sengaja dibuat guna sebagai antisipasi dari tindak kejahatan pembobolan rekening bank.

Pilih Pada Transaksi Lainya ➤ Setelah PIN anda masukan dengan benar maka secara otomatis layar monitor akan menampilkan berbagai pilihan menu transaksi  penarikan uang. Karena anda akan melakukan transfer uang maka langsung saja silahkan anda pilih pada tombol ''Transaksi Lainya''.

Pilih Pada Transfer ➤ Kembali layar monitor akan membawa anda pada tampilan menu baru dengan berbagai pilihan transaksi, seperti pembayaran/pembelian, penarikan tunai, informasi saldo dan menu untuk mengubah pin ATM. Karena anda akan melakukan transfer uang  silahkan cari dan tekan  pada menu ''Transfer''.

Pilih BRI ➤ Berikutnya anda akan dihadapkan pada dua pilihan menu bank tujuan transfer yaitu BRI ataukah Bank Lainya. Silahkan langsung saja pilih dan tekan pada tombol ''BRI''.

Masukan Nomor Rekening Tujuan ➤ Selanjutnya anda akan diperitahkn untuk memasukan nomor rekening tujuan transfer, silahkan masukan dengan benar nomor rekening tujuan transfer anda dengan menggunakan tombol pada keyboard mesin ATM yang berada di bawah monitor dan jika anda sudah yakin benar dengan tujuan transfer selanjutnya silahkan ketik tombol ''Benar''.

Masukan Jumlah Nominal Transfer ➤ Silahkan masukan nominal uang yang akan anda transferkan, dan jika sudah lanjutkan dengan memilih tombol ''Benar'' yang ada dibawahnya.

Tekan Ya ➤ Berikutnya halaman baru pada monitor akan terbuka dan menampilkan konfirmasi tentang transaksi transfer anda yang meliputi nomor rekening transfer, nomor rekening tujuan transfer serta nama penerima transfer dan nominal uang yang akan ditransferkan. Jika semuanya sudah yakin benar maka langsung saja tekan tombol ''Ya''.

Mesin Akan Memproses Transaksi ➤ Silahkan tunggu beberapa saat karena mesin akan memproses transaksi anda dan secara otomatis mesin ATM akan mengeluarkan struk transaksi anda. Silahkan ambil dan simpan struk transaksi tersebut jika sewaktu waktu dibutuhkan. Jika anda tidak ingin melanjutkan transaksi maka langsung saja tekan pada ''Tidak'', dan kartu ATM anda akan keluar dari mesin silahkan ambil. Selesei!!

Nah, demikian tadi tutorial tentang cara transfer uang dri rekening BRI ke rekening BRI, SEMOGA BERMANFAAT. Jika ada yang belum jelas anda bisa menanyakanya di kolom komentar di bawah ini.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar