Skip to main content

follow us


Musim hujan pastilah akan selalu datang setiap tahunya. Bagi para petani tentu saja musim ini sangat dinantikan karena mereka bisa memulai untuk menanam padi. Namun, dibalik berkah musim hujan tersebut ada sebagian orang yang mengeluhkan datangnya musim hujan. Yups, mereka adalah pengendara sepeda motor.

Hujan adalah musuh utama bagi para pengendara motor. Bagaimana tidak, sebab ketika hujan turun, jalanan akan menjadi lebih licin sehingga para pengendara motor harus lebih berhati-hati saat berkendara. Selain itu, dampak dari air hujan dapat membuat komponen motor gampang berkarat.

Nah, bagi anda yang merupakan bikers sejati berikut ini akan kami berikan beberapa tips berkendara motor saat musim hujan. Beberapa hal ini penting untuk diterapkan agar saat berkendara di kondisi hujan tetap aman.

Bawalah Perlengkapan Yang Sesuai


Membawa perlengkapan yang sesuai saat musim hujan adalah sangat penting dilakukan. Agar ketika diperjalanan dan tiba-tiba turun hujan tetap bisa melanjutkan perjalanan. Seperti membawa jas hujan, sarung tangan, dan sepatu boots yang kedap air. Bahkan sebaiknya bawa serta pakaian salin (pengganti) untuk berjaga-jaga apabila air hujan tembus hingga bagian dalam mantel, sehingga membuat pakaian menjadi basah.

Kurangi Kecepatan Laju Kendaraan


Kondisi jalanan yang basah tentu saja membuatnya menjadi licin. Oleh karena itu kendarailah motor dengan perlahan, kurangi kecepatan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Lakukanlah penyesuaian throttle atau putaran gas dengan lancar dan sedikit demi sedikit. Dan yang terpenting gunakan pengereman lebih awal, sehingga dapat memininalisir terjadinya hard braking yang bisa mengakibatkan roda mengunci dengan sendirinya.

Selalu Waspada Di Persimpangan Jalan


Kondisi hujan biasanya membuat pengendara tidak bisa berkonsentrasi penuh mengendarai motornya. Sehingga rawan mengalami kecelakaan. Apalagi saat berada dipersimpangan jalan dan mendapati lampu merah. Saat kondisi seperti itu pemotor kebanyakan menjadi kurang sabaran sehingga kerap kali menerobos lampu merah. Maka sebaiknya pemotor mengurangi kecepatan saat mendekati persimpangan jalan untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Waspada Dengan Genangan Air Di Jalanan


Hal keempat yang juga wajib diwaspadai adalah ketika melewati genangan air dijalanan. Sebab bisa saja didalam genangan tersebut terdapat lubang got yang tersamar genangan air sehingga tidak terlihat. Pada kondisi terendam air  penutup lubang got akan menjadi lebih licin sehingga jika tidak berhati-hati bisa membuat ban selip dan akibatnya bisa terjatuh.

Temukan Jalur Yang Kering


Saat berkendara motor ditengah hujan, usahakan untuk selalu melaju dijalur yang kering. Maksutnya adalah jalur yang tidak terendam air. Sebab jika jalan dengan genangan air diterabas dalam kecepatan cukup tinggi, maka potensi aquaplanning sangat mungkin terjadi.

Selain itu, dengan melewati jalan yang kering dari genangan air, potensi air menyiprat ke pengguna jalan lain akan bisa sedikit diminimalisasi.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar