Skip to main content

follow us


Motor saat ini menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan orang. Selain karena mudah digunakan, motor juga gampang menembus kemacetan lalu lintas.

Nah, berbicara mengenai sepeda motor kali ini sicuit akan membagikan tips bagaimana cara membersihkan bagian bawah motor seperti di area mesin.

Tidak bisa dipungkiri bahwa bagian bawah motor cenderung gampang sekali kotor terlebih pada motor bebek atau motor sport. Hal ini dikarenakan pada area mesin tersebut tidak ada penutupnya sehingga kotoran dan debu akan langsung menempel begitu saja.

Kebanyakan orang memang enggan dan malas untuk membersihkan bagian bawah mesin motor. Namun apabila kotoran dan debu dibiarkan menempel terlalu lama, maka bisa menyebabkan kerak dan jika sudah keropos kemungkinan terburuk mesin bisa jebol. Oleh karena itu para bikers semua jangan malas mencuci dan membersihkan  area mesin motor agar tetap kinclong dan tidak karatan.

Berikut ini 5 Cara Ampuh Membersihkan Kotoran Membandel Yang Menempel di Blok Mesin Motor

Siapkan Alat-Alat Untuk Mencuci


Membersihkan blog mesin motor yang paling mudah adalah dengan mencucinya. Namun sebelum itu persiapkan terlebih dahulu beberapa alat yang wajib diperlukan agar hasilnya kinclong maksimal. Beberapa peralatan yang wajib ada adalah sikat, sikat gigi, busa, lap kanebo (plais chamois), lap microfiber, baskom atau ember kecil untuk wadah. Usahakan semua alat tersebut tersedia agar proses pembersihan mudah.

Pakai Sampo Kusus Motor Untuk Mencucinya


Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah penggunaan sampo motor. Jangan pernah menggunakan sabun colek maupun sabun bubuk untuk membersihkan bodi motor. Sebab penggunaan sabun tersebut pada bodi motor malah bisa menyebabkan waterspot. Sehingga bukanya bersih yang didapat motor malah keliatan makin lusuh.

Pakailah sampo kusus motor yang sudah banyak dijual dipasaran. Pilihlah sampo dengan merk yang menurut kalian terbaik dari yang lainya agar nantinya hasil cucian bisa maksimal.

Sempurnakan Hasil Cuci Motor Dengan Memakai Sabun Cuci Piring


Sabun cuci piring sangat ampuh untuk membersihkan kotoran yang menempel pada area mesin. Umumnya kotoran pada area mesin adalah rembesan oli yang apabila dibersihkan dengan sampo biasa sangat sulit hilang.

Untuk kotoran yang berada di sela-sela blog mesin gunakanlah sikat gigi untuk membersihkanya karena akan lebih mudah bersih.

Gunakan Bensin atau Juga Solar


Jika dengan sabun cuci piring mesin belum juga bisa bersih, coba gunakan bensin ataupun solar. Bensin dan solar sangat ampuh untuk membersihkan kotoran yang menempel pada mesin motor baik itu berupa debu, rembesan oli ataupun jenis kotoran lainya. Tetap gunakan sikat gigi untuk menjangkau bagian-bagian yang sempit.

Jika masih juga ada kerak yang membandel, coba gosok dengan amplas halus secara perlahan. Gosok dengan hati -hati agar tidak menimbulkan goresan pada mesin motor. Setelah dirasa bersih kembali sabun dengan sabun cuci piring dan bilas menggunakan air sampai benar-benar bersih.

Poles Mesin dan Part Logam Lainya dengan Metal Polish


Langkah yang terakir agar mendapati motor mengkilap dan kinclong adalah dengan memolesnya menggunakan metal polish. Semprotkan hingga merata pada semua bagian part logam dan jika semua dirasa sudah rata lalu lap menggunakan lap microfiber sehingga permukaan logamnya akan terlihat semakin kinclong.  Dengan menerapkan 5 langkah ini dijamin motormu akan terhindar dari debu dan karat.

Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar