Skip to main content

follow us

Bagi para pecinta sepeda motor, keberadaan helm pastilah sangat penting, karena helm memiliki fungsi utama sebagai pelindung kepala jika terjadi benturan, semisal terjadi kecelakaan. Dengan dipakainya helm maka akan lebih memininalisir luka yang serius kususnya pada bagian kepala saat kecelakaan menimpa.

Karena begitu pentingnya helm bagi setiap pengendara motor maka kebersihanya pun harus selalu dijaga, agar helm tak kelihatan kumuh atau bahkan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tentu sangat tidak nyaman bukan jika helm mengeluarkan aroma yang gak enak, bisa saja bau dari helm tersebut akan menempel dirambut. Kalau sudah begini amit-amit dech.

Nah, oleh karena itu ada baiknya kamu harus selalu menjaga kebersihan helm mu sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan agar helmu tidak bau lagi.

Baca Lainya ;
Tips Mengatasi Silau Berkendara di Malam Hari
5 Cara Ampuh Membersihkan Kotoran Pada Blog Mesin Motor
 Jok Motor Kamu Licin?? Coba Dech Terapkan Tips Sederhana Ini

Gunakan Parfum Kusus Helm

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan guna menghilangkan bau pada helm adalah dengan menyemprotkan parfum kusus untuk helm.  Kamu bisa mendapatkan parfum kusus helm di toko-toko aksesories motor. Banyak kok pilihan parfum dengan berbagai merk yang ditawarkan. Cara ini efektif dilakukan jika bau helm masih belum parah. Namun jika baunya sudah terlalu parah alternatifnya kamu harus ikuti langkah yang kedua.

Cuci Helm Pakai Air Sabun

Menyemprotkan parfum saja tentu tidak akan cukup membuat helm menjadi wangi jika bau helm sebelumnya terlalu parah. Bahkan dengan disemprotkanya parfum malah bau apek pada helm akan bercampur dengan parfum sehingga menimbulkan aroma baru yang makin tidak sedap. Kalau bau helm memang terlalu parah kamu harus mencucinya dengan sabun. Kenapa? Supaya bakteri-bakteri jahat penyebab bau apek pada helmmu ikut mengalir saat helm dibilas. Dan satu lagi yang wajib kamu lakukan adalah menyikat dengan sikat lembut pada bagian dalam spon helm yang terdapat bekas keringat pengguna. Kamu bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkanya.

Pakai Bubuk Kopi

Cara ini merupakan cara tradisional, namun demikian hasilnya juga cukup memuaskan. Bau pada helm akan langsung hilang. Namun, cara ini cuma bisa menghilangkan bau selama beberapa hari saja, karena bakteri jahat di helmmu tidak benar-benar mati dengan melakukan cara ini. Jadi cara ini sebaiknya digunakan sebagai alternarif saja jika kamu masih belum sempat mencucinya.

Caranya, cukup bungkus bubuk kopi dengan menggunakan kain bersih. Setelah itu, cukup letakkan kain tersebut di dalam helm selama satu malam, dijamin dech bau akan segera hilang.

Jemur di Bawah Terik Matahari

Umumnya nich kuman atau bakteri jahat pada helm tidak akan bisa bertahan dibawah terik matahari. Nah, kamu bisa memanfaatkan terik matahari untuk membunuh kuman dan bakteri jahat penyebab bau pada helm mu. Lumayan kan, udah gratis, gak pakek ribet, juga hasilnya maksimal. Selain menghilangkan bau pada helm, menjemurnya di bawah terik matahari bisa membuat spons helm kembali mengembang. Sehingga helm kembali nyaman saat dipakai.

Artikel Pilihan Editor:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar