Skip to main content

follow us

Kartu ATM - Pastinya anda juga salah satu pengguna "kartu pintar" tersebut bukan. Dikatakan pintar karena dengan kartu tersebut anda dapat dengan mudah melakukan berbagai keperluan transaksi perbankan lewat mesin ATM. Sebut saja transaksi tarik tunai, setor tunai, transfer, pembayaran tagihan, pembelian, dan masih banyak lagi transaksi lainya yang bisa dilakukan.

Berbicara mengenai kartu ATM, kapankah terakir kali anda mengganti PIN dari kartu ATM anda?? Pastinya banyak diantara anda yang sama sekali belum pernah menggantinya semenjak kartu tersebut diterima. Padahal pergantian PIN ATM sangat penting dilakukan. Bahkan dari pihak bank pun menyarankan agar pergantian PIN ATM rutin dilakukan setidaknya setiap 3 bulan sekali.

Salah satu bank yang gencar mensosialisasikan pergantian PIN ATM adalah Bank Mandiri. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat saat ini banyak sekali modus kejahatan perbankan dengan berbagai teknik yang digunakan. Salah satunya adalah dengan mencuri PIN ATM.

Dengan rutin melakukan pergantian PIN ATM maka bisa dipastikan keamanan kartu ATM anda akan lebih terjaga. Pergantian PIN dari Kartu ATM Mandiri tidaklah terlalu sulit dilakukan. Cukup hanya dengan beberapa langkah saja rahasia PIN pun tetap terjaga. Bagaimanakah caranya? Simak tutorial selengkapnya di bawah ini.

Namun sebelumnya ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan sebelum melakukan pergantian PIN.

Siapkan Kombinasi PIN yang Rumit - Harap perhatikan selalu usahakan membuat kombinasi PIN yang sulit. Tidak dianjurkan PIN ATM dibuat dengan kombinasi angka yang berurutan, misalnya 123456 atau 654321. Karena tentu saja kombinasi PIN dengan angka tersebut sangat mudah untuk ditebak.

Hindari Penggunaan Kombinasi Tanggal Lahir - Kebiasaan yang banyak dilakukan okeh nasabah bank adalah penggunaan tanggal lahirnya sebagai PIN ATM. Penggunaan tanggal lahir sebagai PIN sangatlah tidak dianjurkan. Karena lagi-lagi kombinasi angka tersebut sangat mudah ditebak. Bayangkan saja ketika anda kehilangan dompet beserta isinya termasuk KTP dan Kartu ATM di dalamnya. Bisa saja orang yang menemukanya akan mencoba mengutak atik tanggal lahir yang tertera di KTP untuk menjebol rekening tabungan anda.

Jangan Simpan PIN ATM di HP - Dan jangan pernah pula menyimpan PIN dari kartu ATM anda pada handphone kesayangan. Karena akan lebih mudah lagi untuk ditemukan. Jika memang harus menyimpanya karena anda adalah seorang yang pelupa, maka sebaiknya catat pada sebuah kertas lalu simpan ditempat yang menurut anda paling aman. Untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu anda lupa PIN.

Cara Ganti PIN ATM Mandiri


Masukan Kartu ATM - Silahkan masukan kartu ATM anda pada lubang slot mesin ATM.
Pilih Bahasa - Berikutnya anda akan dihadapkan pada pilihan bahasa. Langsung saja silahkan pilih pada "Bahasa Indonesia".


Masukan PIN - Perhatikan, sewaktu memasukan PIN ATM Mandiri usahakan untuk selalu menutupinya dengan tangan. Pastikan orang yang ada disekitar anda tidak bisa melihatnya. Ketikan PIN dengan hati-hati jangan sampai anda salah memasukan PIN ATM lebih dari 3 kali berturut-turut. Sebab jika hal ini terjadi maka kartu ATM anda akan terblokir secara otomatis.


Pilih Transaksi Lainya - Pada halaman baru yang terbuka akan muncul pilihan banyak menu. Silahkan anda pilih pada "Transaksi Lainya" yang berada di pojok kanan bawah.


Pilih Ubah PIN - Selanjutnya silahkan langsung saja anda pilih pada menu "Ubah PIN".


Ketikan PIN Lama Anda - Kemudian mesin ATM akan memerintahkan anda untuk memasukan PIN lama terlebih dahulu ( yaitu PIN yang anda gunakan tadi). Silahkan langsung saja masukan PIN lama anda. Dan jika sudah tekan "Enter".


Ketikan PIN Baru - kembali layar monitor memerintahkan anda untuk kembali memasukan PIN. Namun kali ini yang dimasukan adalah PIN baru yang telah anda siapkan sebelumnya. Silahkan masukan 6 digit PIN baru anda.


Konfirmasi PIN Baru - kemudian kembali layar monitor memerintahkan untuk memasukan PIN baru sebagai konfirmasi. Silahkan masukan kembali pin baru anda dengan benar.


Keluar Struk Transaksi - Selanjutnya silahkan tunggu beberapa saat karena transaksi masih diproses. Tunggu sampai mesin ATM mengeluarkan struk yang berisi tentang pemberitahuan bahwa proses peegantian PIN ATM Mandiri telah sukses dilakukan. Silahkan ambil dan simpan struk transaksi tersebut.


Transaksi Selesei - Sampai disini berarti transaksi ganti PIN Mandiri telah selesei dilakukan. Maka selanjutnya silahkan ambil kartu ATM anda. Selesei.


Bagaimana mudah bukan. Jika ada yang belum jelas, silahkan tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar. Dengan senang hati admin akan menjawab pertanyaan anda.





Artikel Pilihan Editor:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar